Vodafone Bawa Jaringan 4G ke Bulan

| 02 Mar 2018 17:52
Vodafone Bawa Jaringan 4G ke Bulan
Ilustrasi (Pixabay)
Barcelona, era.id - Kalau benar terjadi, ini bakal fenomenal sekali. Bayangkan saja, di bulan, kita bisa menelepon. Dengan catatan kalau kita ke bulan yah.

Bulan disebut-sebut bakal mendapatkan jaringan telepon genggam untuk pertama kalinya pada tahun depan. Teknologi ini akan memberikan kesempatan kepada manusia yang mendarat di sana untuk dapat mengakses apa saja, termasuk video streaming dan pemakaian data.

Perusahaan teknologi Vodafone Germany yang bekerja sama dengan produsen perangkat jaringan Nokia dan produsen mobil Audi akan menjadi eksekutor proyek ini. Ketiganya, menggandeng perusahaan PTScientists yang berbasis di Berlin, Jerman.

Ditunjuknya Nokia sebagai mitra teknologi Vodafone dimaksudkan untuk mengembangkan sebuah jaringan ruang angkasa berukuran kecil yang beratnya kurang dari sekantong gul, atau kurang dari 1 kilogram bernama Ultra Compact Network.

Peluncuran jaringan telepon genggam ini akan dilakukan pada 2019 dari Cape Canaveral di roket SpaceX Falcon 9.

"Proyek ini melibatkan pendekatan inovatif yang radikal terhadap pengembangan infrastruktur jaringan bergerak (mobile network)," kata Kepala Eksekutif Vodafone Jerman, Hannes Ametsreiter, seperti dilansir dari Reuters, Jumat (2/3/2018)

Seorang eksekutif yang terlibat dalam proyek ini mengatakan, pihaknya lebih memilih untuk membangun jaringan 4G ketimbang 5G. 

Pasalnya, jaringan 5G masih berada dalam tahap pengujian sehingga kinerjanya tidak cukup stabil di permukaan bulan.

Apa rasanya menerima telepon dari bulan?

Tags :
Rekomendasi