Apa Saja Selera Musik Presiden Indonesia?

| 09 Mar 2018 19:46
Apa Saja Selera Musik Presiden Indonesia?
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Setiap orang memiliki selera musik yang berbeda-beda. Begitu pun seorang pemimpin negara. Bukan hanya di luar negeri tetapi juga di Indonesia.

Tepat di Hari Musik Nasional ini, era.id ingin sedikit berbagi informasi tentang selera musik presiden Indonesia yang dirangkum dari berbagai sumber. Berikut informasinya.

Soekarno

Pasca kemerdekaan Indonesia, bapak pendiri bangsa yang satu ini menolak keras musik-musik Barat dengan memberinya istilah musik 'ngak-ngik-ngok'. Yang tidak mematuhi perintahnya, akan dengan segera dijebloskan ke dalam penjara. Koes Bersaudara salah satunya. Bung Karno sangat anti terhadap segala jenis musik yang berhubungan negara yang disebutnya imperialis. Dalam buku berjudul Kesaksian Tentang Bung Karno, Soekarno disebut lebih menggemari musik tradisional seperti musik Lenso dari Maluku. 

Soeharto

Dihimpun dari beberapa sumber, Bapak Pembangunan ini menyukai musik keroncong. Ia bahkan kerap mengundang penyanyi keroncong asal Solo, Waljinah untuk mengisi acara-acara kenegaraan maupun acara pribadi di Cendana.

BJ Habibie

Presiden Indonesia yang satu ini menggandrungi hampir semua bentuk karya seni. Bukan hanya musik, tetapi juga dansa. Menetap lama di Eropa membuat Habibie banyak mengikuti budaya dan seni Eropa.

Gus Dur

Keislaman dan sisi humoris yang dimiliki Gus Dur tidak membuatnya menutup diri terhadap seni musik. Ia menyukai musik klasik seperti Mozart dan Beethoven. Gus Dur bahkan sempat meminta Wakil Bendahara Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) saat itu, Bambang Susanto agar memutar musik Beethoven saat kondisinya kritis sebelum meninggal.

Megawati

Berbeda dengan sang ayah yang menolak mentah budaya barat, beberapa sumber mengatakan, Megawati sangat menyukai musik jazz dan mengidolakan musisi Amerika Serikat Frank Sinatra.

Susilo Bambang Yudhoyono

Ketertarikan SBY terhadap musik tidak perlu ditanyakan lagi. Presiden Indonesia keenam ini tercatat menerima penghargaan dari Museum Rekor Indonesia, sebagai presiden pencipta lagu terbanyak dengan 40 lagu yang terbungkus dalam empat album penuh dan satu album kompilasi

Jokowi

Presiden kita ini sering kali mengungkapkan kesukaannya terhadap musik rock. Guns n Roses, Metallica, Judas Priest, Lamb of God, dan Linkin Park adalah beberapa band yang disukainya. Beberapa waktu lalu, Robert Trujillo, bassis Metallica juga menghadiahi Jokowi sebuah bass.

 

Tags : album musik
Rekomendasi