Jalan Terjal Menjadi K-Pop Star

Tim Editor

Sedang memuat podcast...

Ilustrasi (Hilda/era.id)

Jakarta, era.id - Instan tak selamanya melejit cepat tanpa ada perjuangan. Begitu pun menjadi bintang K-Pop. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui sebelum seseorang dikenal banyak orang dan 'sukses'. Tahapan tersebut bahkan cukup berat. Apa saja itu?

Dihimpun dari berbagai sumber, sebelum menjadi K-Pop Star ada tahapan awal yang disebut K-Pop Trainee, yang berlatih sejak usia 9 atau 10 tahun dan 18-23 tahun. K-Pop Trainee merupakan mereka yang hidup, berlatih dan tampil bersama dengan trainee lainnya dengan metode pelatihan yang cukup padat dan keras. Dalam sehari, mereka berlatih sekitar 10 jam.

Wajah rupawan atau bentuk tubuh yang aduhai bukan jaminan seseorang bisa dengan mudah lolos menjadi idola. Ada persaingan dan evaluasi yang ketat di setiap sesinya. Menempa skill merupakan inti dari latihan yang mereka lakukan, seperti halnya bernyanyi, menari dan belajar bahasa asing seperti Inggris dan Mandarin. 

Selain audisi resmi yang dilakukan agensi-agensi terkenal seperti SM Entertainment, YG Entertainment, dan JYP Entertainment, bakat-bakat calon K-Pop Star juga sering ditemukan di jalanan Korea Selatan. Seperti musisi atau penari di pusat keramaian Korea Selatan yang menarik minat para wisatawan mancanegara. 

Para penampil jalanan ini kemudian diundang melakukan audisi di agensi-agensi ternama tadi. Namun demikian, proses seleksi tetap dilakukan. Penyaringan yang berat selama karantina menjadikan para pemenang ini adalah mereka yang siap tampil ke publik dan siap menjadi K-Pop Star.

Baca : Mengendus Rekam Jejak Ekspansi K-Pop

Di balik keglamoran K-Pop Star, ada pengorbanan yang harus dilakukan baik itu secara personal (menjalani masa karantina) dan profesional (jadwal latihan yang padat, kompetisi yang selektif dan evaluasi yang keras). Namun demikian, sejumlah bintang di Korea Selatan terbukti mampu melewati itu semua. Bagaimana dengan bintang-bintang di Indonesia?


 

Tag: era budaya instan k-pop

Bagikan: