Anji Versus EXO dan EXO L

| 31 Mar 2018 14:49
Anji Versus EXO dan EXO L
Ilustrasi (era.id)
Jakarta, era.id - Jumat malam, 30 Maret 2018, mantan vokalis Drive, Anji Manji membuat kehebohan di Instagram miliknya @duniamanji. Dia mengunggah video di Instagramnya dan banjir komentar warganet.

Pada unggahannya, Anji bertanya soal definisi plagiat lagu yang selama ini sering diungkap media-media maupun fans di Indonesia. Pertanyaan Anji ini tidak datang secara tiba-tiba, melainkan karena dia melihat adanya kemiripan antara lagu miliknya yang berjudul ‘Kekasih Terhebat’ (rilis pada 2010) dengan lagu yang dibawakan boyband Korea Selatan, EXO, yang berjudul ‘Someone Like You’ (rilis 2018).

"Beberapa hari belakangan ini isu plagiat agak kencang dibahas, karena ada lagu Indonesia dibilang mirip sama lagu Korea. Yang kenceng mempermasalahkan adalah orang Indonesia yang suka lagu Korea. Sekarang saya bertanya. Kalau ada lagu Korea mirip dengan lagu saya yang orang Indonesia, apakah fans lagu Korea di Indonesia akan bilang ini plagiat?" kata Anji dalam unggahannya dilihat era.id, Sabtu (31/3/2018).

"Saya bukan nge-judge. Karena setahu saya, dan sepengalaman saya sebagai musisi, kadang kami menulis lagu yang ternyata ada kemiripan dengan lagu lain. Coba tuliskan pendapatmu tentang hal ini," sambungnya.

 

 

• [video] LAGU EXO mirip ANJI. Fans KPop atau EXO jangan emosi dulu. Baca ya. . Beberapa hari belakangan ini isu plagiat agak kencang dibahas, karena ada lagu Indonesia dibilang mirip sama lagu Korea. Yang kenceng mempermasalahkan adalah orang Indonesia yang suka lagu Korea. . Sekarang saya bertanya.. Kalau ada lagu Korea mirip dengan lagu saya yang orang Indonesia, apakah fans lagu Korea di Indonesia akan bilang ini plagiat? . Saya bukan nge-judge. Karena setahu saya, dan sepengalaman saya sebagai Musisi, kadang kami menulis lagu yang ternyata ada kemiripan dengan lagu lain. . Coba tuliskan pendapatmu tentang hal ini. . . Oh iya, ini lagu KEKASIH TERHEBAT yang saya nyanyikan dalam versi Bahasa Mandarin, feat @mingbridges . . #TuliskanPendapatmu #TanpaPerluMarah

A post shared by Anji MANJI (@duniamanji) on

Dia kemudian mencontohkan ketika beberapa lagu karya orang Indonesia mirip dengan lagu band asal Korea, maka biasanya orang Indonesia akan dicap plagiat. Nah Anji bertanya pada sisi sebaliknya, ketika ada lagu band Korea yang mirip dengan lagu orang Indonesia, apakah kita bisa mencap mereka sebagai plagiator juga? 

Sejauh ini, unggahan Anji telah dilihat lebih dari 350.000 kali dan dikomentari lebih dari 64.000 kali. Kebanyakan komentar di dalamnya menyerang pernyataan artis berusia 38 tahun itu. EXO L, nama fan bagi EXO, menuntut Anji untuk meminta maaf atas pernyataannya yang dinilai kontroversial itu.

Memang ada unggahan yang membela atau mengklarifikasi pernyataan Anji, tetapi sebagian besar justru menyerang pernyataan Anji. Banyak anggota EXO L yang menyatakan bahwa EXO sebatas membawakan lagu yang dituduh menjiplak tersebut dan tidak membuatnya. Sejumlah akun lain bahkan balik menuduh Anji. Mereka menuduh beberapa karya Anji pun menjiplak lagu dari Jepang.

Jadi, siapa jiplak siapa nih?

Tags : k-pop
Rekomendasi