3 Ribu CCTV untuk Kawal Pengamanan Asian Games

Tim Editor

Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno (Foto: Leo/era.id)

Jakarta, era.id - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengungkapkan, dalam menjaga keamanan sepanjang jalannya Asian Games 2018 rencananya 3 ribu CCTV akan dioperasikan. CCTV tersebut nantinya akan dikoneksikan dengan sistem face recognition yang dapat mendeteksi wajah seseorang dan akan dikendalikan langsung oleh deputi IV bagian keamanan INASGOC.

"Dioperasikan oleh command control INASGOC yang diketuai oleh Deputi IV. Jadi agar langkah koordinasi itu satu pintu, semua mengenai keamanan akan dikoordinasikan melalui Deputi IV," kata Sandi di Kantor Menko PMK, Jakarta Pusat, Kamis (17/5/2018).

Wakapolri Syafruddin menambahkan, pengamanan tingkat tinggi akan diterapkan saat Asian Games 2018 agar tercipta keadaan yang kondusif. Dalam peletakan CCTV turut dilibatkan pihak kepolisian tujuannya agar tidak ada tumpang tindih dengan CCTV kepolisian.

"Pengamanan nanti standar internasional jadi sangat ketat, jadi siapapun yang tidak menggunakan ID card tidak boleh masuk," katanya.


Menko PMK Puan Maharani berbicara kepada awak media sesuai rapat

Dalam rapat dengan sejumlah kementerian tersebut juga membahas mengenai kesiapan lalu lintas menjelang Asian Games. Sandi menerangkan sejauh ini rekayasa lalu lintas masih perlu ditingkatkan lagi.

"Traffic dari lalu lintas di mana kita tadi laporkan hasil simulasi sudah mencapai angka 27 menit, berdasarkan rekayasa lalu lintas, buka-tutup, ganjil-genap yang diperluas, dan jalur khusus di dalam jalan tol untuk karpet merah peserta, atlet, maupun official Asian Games," ujar Sandi.

Terakhir, Sandi menyinggung mengenai demam Asian Games 2018 yang mulai mengalami peningkatan dari segi kegiatan. 

"Seperti lari obor yang akan kita lakukan, juga kita lakukan mungkin makan malam bersama dengan para RW, juga kegiatan-kegiatan yang kita harapkan bisa membangun awareness dan demam Asian Games di seluruh wilayah Jakarta," tutup Sandi.

Baca Juga : Ancaman Udara Buruk Jakarta buat Atlet Asian Games

Tag: asian games 2018

Bagikan: