Generasi Z Indonesia Bahagia Terhadap Negaranya

| 11 Jul 2018 12:50
Generasi Z Indonesia Bahagia Terhadap Negaranya
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Generasi Z adalah generasi yang paling penting bagi Varkey Foundation untuk menganalisa peran anak muda dalam kondisi dunia saat ini. Oleh karena itu, pada akhir 2017, Varkey Foundation merilis hasil penelitian berjudul Generation Z: Global Citizenship Survey yang menunjukkan berbagai aspek; kebahagian, kesehatan mental, kondisi hubungan, fisik, emosional, hingga optimisme masa depan.

Varkey menyurvei lebih dari 20.000 anak muda yang direpresentasikan sebagai Generasi Z (orang yang lahir pada 1995 hingga 2001) di 20 negara di seluruh dunia. Antara lain; Argentina, Australia, Brasil, Kanada, China, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Israel, Italia, Jepang, Selandia Baru, Nigeria, Rusia, Afrika Selatan, Korea Selatan, Turki, Inggris dan Amerika Serikat.

Di Indonesia, terdapat fakta-fakta unik mengenai kondisi anak muda yang berkategori Generasi Z. Menurut Varkey, anak muda Indonesia masuk dalam kelompok anak muda yang bahagia dengan total skor kebahagiaan mencapai angka 90 persen. Total skor ini dibagi pada berbagai aspek.

 

Baca Juga : 10 Lagu yang Sering Diputar Saat Ramadan

Aspek pertama adalah aspek kesejahteraan mental. Varkey menghitung, skor kesejahteraan mental anak muda Indonesia adalah 56,18 apabila dihitung melalui mote Warwick-Edinburgh mental wellbein score. Dalam skala penghitungan Warwick Edinburgh, skor tersebut berada pada skala rata-rata (skor 41-59). Anak muda Indonesia dianggap mampu meningkatkan kesejahteraan mental mereka. Skala tertinggi dari penghitungan Warwick-Edinburgh yaitu 59-70 poin. Di mana jika sebuah negara mampu meraih poin di atas, maka kesejahteraan mentalnya berada di atas rata-rata.

Aspek kedua adalah aspek kesejahteraan emosional. Indonesia memiliki proporsi anak muda dengan kesejahteraan emosional tertinggi, yaitu 40 persen. Dengan angka tersebut, anak muda Indonesia mayoritas memiliki sikap untuk tidak terlalu memikirkan masalah, jarang merasa cemas, jarang merasa diganggu hingga jarang merasa kesepian.

Baca Juga : Edukasi Anti-bullying Lewat Tanaman

Anak muda Indonesia juga dianggap memiliki harapan untuk menggapai masa depan dengan poin sekitar 96 persen. Poin tersebut menandakan nilai perdamaian menjadi hal yang lumrah bagi anak muda di Indonesia.

Uniknya, Indonesia juga masuk dalam 10 besar tempat hidup yang cocok bagi Generasi Z. Sekitar 70 persen Generasi Z Indonesia percaya negaranya mampu memberikan penghidupan yang layak dan negara yang cocok untuk dihuni.

Berbagai aspek tersebut juga berkaitan dengan seberapa pentingnya agama bagi anak muda Indonesia. Hasil penelitian Varkey menunjukkan kebahagiaan yang didapat anak muda Indonesia berkaitan erat dengan seberapa penting agama bagi mereka dengan poin 93 persen, tertinggi di antara negara-negara lain yang diteliti.

Baca Juga : Drone Kini Tak Hanya Sekadar Hobi