Fitur Trending Topic Facebook Dihapus

| 04 Jun 2018 11:36
Fitur <i>Trending Topic</i> Facebook Dihapus
Ilustrasi (Pixabay)

Jakarta, era.id - Mulai pekan ini, Facebook telah menghapus fitur Trending Topic pada platformnya. Seperti yang kalian tahu, Trending Topic di Facebook berguna untuk mengumpulkan berita-berita terpopuler yang ditujukan agar penggunanya bisa langsung melihat berita dari sumber yang terpercaya. Namun sayangnya, fitur ini kerap dimanfaatkan untuk mendistribusikan berita palsu atau hoaks di Facebook. 

"Kami sadar bahwa dari waktu ke waktu orang menemukan produk yang semakin kurang bermanfaat. Cara orang mengonsumsi berita di Facebook telah berubah," kata Kepala Produk Berita Facebook, Alex Hardiman, dikutip dari CNBC, Minggu (3/6), 

Alex mengungkap, kebiasaan pengguna mengonsumsi berita di Facebook kini juga telah bertransformasi. Dari sekedar membaca artikel kini pengguna Facebook lebih menyukai informasi dalam bentuk video.

Malah, ada juga pengguna yang bingung karena membaca tautan berita dengan isi konten yang kontroversial dan tidak benar sumbernya.

Facebook mengklaim, Trending Topic yang dirilis sejak 2014 ini telaj menyumbang setidaknya 1,5 persen klik poin ke penyedia berita. Oleh karena itu, Facebook tengah menguji opsi terbaik untuk bisa menampilkan berita dan memastikan sumber berita itu bisa dipercaya.

Dalam beberapa tahun terakhir, Facebook memang membuat sejumlah perubahan pada layanannya untuk menghindari bias ideologi atau politik.

Sebelumnya, Facebook mengumumkan laporan terkait tindakan terhadap konten-konten ilegal. Dalam laporan itu, jejaring sosial tersebut membahas tentang jumlah serta kriteria konten dan akun yang telah diblokir.

Ada beberapa konten yang hendak diperangi oleh Facebook, seperti kekerasan, konten seksual dan pornografi, propaganda teroris, ujaran kebencian, spam, dan akun palsu. Sejak awal 2018, Facebook telah menghapus 837 juta konten spam dan 583 juta akun palsu.

Tags : facebook
Rekomendasi