Insiden Lidah Tertelan dalam Sepak Bola

| 06 Jun 2018 13:45
Insiden Lidah Tertelan dalam Sepak Bola
Marcel Sacramento dan Hilton Moreira (Twitter @Liga1Match)
Jakarta, era.id  - Laga Liga 1 antara Persipura Jayapura kontra PSM Makassar di Stadion Mandala, Jayapura pada Senin (4/6/2018) malam WIB, bukan hanya menyajikan duel seru. Tetapi juga dihiasi peristiwa yang nyaris merenggut nyawa penyerang Persipura Hilton Moreira.

Hilton hampir tewas setelah mengalami lidah tertelan (tongue swallowing) setelah berbenturan dengan kiper PSM, Rivky Mokodmpit pada menit-menit akhir pertandingan. Tak sadarkan diri, bek PSM Abdul Rahman Sulaeman yang berada di dekat Hilton langsung mengambil inisiatif membuka mulut dan menarik keluar lidah pemain Brasil itu. 

Beruntung, nyawa Hilton berhasil diselamatkan dan sang pemain melanjutkan pertandingan. Laga derby Indonesia timur ini pun berakhir dengan skor imbang 1-1.

 

Insiden lidah tertelan bukan kali pertama dalam sepak bola. Sebelumnya, beberapa nama beken di dunia si kulit bundar pernah mengalami peristiwa mematikan ini. Siapa saja?

1. Fernando Torres (Atletico Madrid)

Fernando Torres tidak sadarkan diri dalam laga Atletico Madrid kontra Deportivo La Coruna pada musim 2016-17 setelah bagian belakang kepalanya tertabrak Alex Bergantinos. Torres terjatuh dengan kepala menghantam tanah terlebih dahulu.

Melihat mantan pemain Liverpool dan Chelsea menelan lidahnya sendiri, para pemain kedua tim bergerak cepat. Ada yang memegang rahang Torres, kemudian membuka mulutnya untuk memberikan ruang udara. Rekan Torres,  Gabi mencoba membetulkan letak lidah Torres agar tak tertelan atau tergigit. Beruntung, nyawa Torres berhasil diselamatkan.

 

2. John Terry

Mantan rekan Torrres di The Blues, John Terry, juga pernah mengalami insiden serupa. Di final Piala Liga Inggris 2007 antara Chelsea dan Arsenal, Terry yang berusaha menyundul bola sepakan pojok Arjen Robben menjatuhkan badan (diving header), tapi wajahnya tidak sengaja tertendang Abou Diaby. 

Lidah Terry dikabarkan sempat tertelan akibat tendangan keras Diaby itu, Jose Mourinho malah mengatakan anak asuhnya itu sempat berhenti bernapas. Beberapa menit berselang Terry terlihat bergerak, ia pun ditandu ke luar lapangan menggunakan masker oksigen serta penyangga leher dan kepala. Terry lalu dibawa ke rumah sakit Cardiff.

 

3. Martin Berkovec

Pemain klub Boheminas 1905, Martin Berkovec, juga mengalami hal yang sama. Dalam laga Liga Utama Republik Ceko musim 2017 antara Boheminas 1905 dan FC Slovacko, Berkovec tidak sadarkan diri setelah berbenturan dengan rekan setimnya sendiri. Francis Kone, penyerang klub lawan segera memberikan pertolongan pertama seperti yang dilakukan Gabi kepada Torres.

Bagi Kone, ini bukan kali pertama dia melakukan pertolongan kepada pemain yang mengalami lidah tertelan. Sebelumnya, Kone sempat melakukan hal yang sama saat bermain di liga Thailand, Ceko, dan dua kali di liga Afrika.

 

4. Oleg Gusev

Pada pertandingan lanjutan Liga Ukraina antara Dinamo Kiev dengan Dnipro, kapten Dinamo, Oleg Gusev berbenturan dengan kiper Dnipro, Denys Boyko hingga menyebabkan dia tak sadarkan diri. Saat itu, leher Gusev terbentur lutut Boyko sehingga dia mengalami kesulitan bernapas karena lidahnya tertelan.

Gelandang tim lawan, Jaba Kankava yang berada dekat Gusev segera bereaksi dengan cara memasukkan jarinya ke tenggorokan Gusev agar suplai oksigen kembali lancar meski jarinya tergigit Gusev. Pemain Georgia ini mendapatkan apresiasi dari para pemain Dinamo atas aksi heroiknya ini. Apalagi nyawa Gusev pun selamat.

 

5. Jazawi

Tidak semua insiden tertelan lidah terjadi karena benturan. Tidak jelas penyebabnya, lidah Jazawi, pemain Al-Ahli Saudi FC dari Liga Arab Saudi tertelan setelah ia meludah. Mungkin saja sebelumnya terjadi sedikit benturan, tapi ia merasa tersedak setelah ia meludah.

 

Rekomendasi