Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Teknologi 5G

| 08 Jun 2018 06:03
Hal yang Harus Kamu Tahu Tentang Teknologi 5G
Ilustrasi (Pixabay)
Jakarta, era.id - Jaringan 4G siap-siap digerus oleh hadirnya teknologi terbaru 5G. Jaringan 5G ini merupakan generasi terbau konektivitas internet seluluer yang menawarkan kecepatan lebih dan koneksi yang lebih andal. 

Lahirnya teknologi ini tak terlepas dari perkembangan jaringan mutakhir. 5G menawarkan koneksi unduh mencapat rata-rata 1 GBps, sekaligus menetapkan skala baru kecepatan internet.

Dengan perkembangan yang berjalan dengan baik, jaringan 5G diprediksi akan ada di seluruh dunia pada 2020.  Dikutip dari berbagai sumber, jaringan 5G diharapkan mampu untuk mencapai kecepatan rata-rata 10Gb/s dengan asumsi bahwa transfer rate bisa mencapai 800GB/s.

Dengan kecepatan tersebut, para netizen tidak perlu kesal lagi untuk mengunduh film berkualitas HD dengan lama, karena dengan jaringan 5G, unduhan hanya butuh waktu dalam hitungan detik. Hmm..Jadi enggak sabar nih.

Baca Juga : Vodafone Bawa Jaringan 4G ke Bulan

Dilansir dari techradar.com, kemungkinan kecil untuk mengharapkan ponsel 4G untuk mampu menangkan jaringan 5G, kecuali apabila ponsel  mampu untuk dikembangkan untuk menangkap sinyal 5G.

Pada 2020 nanti, disinyalir berbagai perusahaan ponsel akan melakukan peluncuran awal ponsel di mana koneksi 5G digunakan sebagai sinyal utama. Akan tetapi, sinyal 5G tidak akan eklusif. Dalam arti, jaringan 5G akan tetap dibangun atas pengembangan dari  jaringan 3G dan 4G. 

Selain itu, terdapat indikator apa saja yang membuat sebuah jaringan dikatakan sebagai 5G, syarat itu antara lain; kecepatan unduh berada pada jangakauan 1-10Gbs, pengurangan 90 persen dalam energi yang digunakan untuk menjalankan jaringan, masa pakai baterai ponsel mampu bertahan hingga 10 tahun, latensi maksimal 1 m/s, penggunaan tethering mampu mewadahi 10-100 pengguna, cakupan seluruh dunia, ketersediaan jaringan untuk semua, dan 1000x bandwith untuk per unit area.