Ini Biaya Menonton Langsung Piala Dunia

| 13 Jun 2018 15:03
Ini Biaya Menonton Langsung Piala Dunia
Sepak Bola (Foto: Pixabay)
Rusia, era.id - Perhelatan Piala Dunia FIFA 2018 sudah di depan mata. Sebanyak 32 negara akan menjadi peserta yang menyemarakkan pesta sepak bola empat tahunan ini. Tak kurang dari 12 stadion yang tersebar di 11 kota berbeda di Rusia pun telah disiapkan. 

Masyarakat tak kalah antusias menyambut gelaran yang berlangsung 14 Juni hingga 15 Juli 2018 ini. Dilansir dari id.rbth.com, pada tahap pertama, sebanyak 742.760 tiket telah ludes terjual.

Baca Juga: Kilas Piala Dunia: Juara Tak Terkalahkan

Namun, rupanya perlu biaya yang tak sedikit untuk bisa menonton langsung ajang Piala Dunia ini. Kursi paling strategis di area tengah (Kategori 1) dibanderol dengan harga 210 dolar AS atau Rp2,8 juta untuk pertandingan babak penyisihan grup. Sedangkan untuk pertandingan final, tiket dijual dengan harga 1.100 dolar AS atau sekitar Rp15 juta.

Sementara itu, untuk tiket Kategori 2 dan Kategori 3, dijual dengan harga 105-710 dolar AS atau sekitar Rp1,4-9,6 juta. Selain itu, ada pula tiket Kategori 4 yang diperuntukkan khusus untuk warga Rusia, dibanderol dengan harga 20-120 dolar AS, atau sekitar Rp270 ribu-1,6 juta. 

Itu baru harga tiket pertandingan. Bagaimana dengan transportasi? Penggemar sepak bola Indonesia harus rela merogoh kocek sebesar Rp15-17 juta untuk tiket pesawat bolak-balik Jakarta-Moskow. Hal itu belum dihitung dengan lama perjalanan yang memakan waktu hampir 35 jam saat berangkat, dan 24 jam saat pulang. 

Angka yang lebih fantastis datang dari penggemar sepak bola asal Afrika. Tiket bolak-balik dari Dakar, Senegal, ke Moskow berkisar antara 2.500-5.000 dolar AS atau Rp35–67 juta.

Soal akomodasi, terdapat cukup hotel, hostel, atau bahkan apartemen untuk menampung semua calon penonton, dengan harga yang beragam. Sebuah kamar yang bisa ditempati oleh dua orang di hostel dibanderol dengan harga 10 dolar AS atau sekitar Rp135 ribu per malam. Sementara itu, satu kamar di apartemen dipatok harga 40 dolar AS, atau kurang lebih Rp550 ribu per malam.

Untuk bermalam di hotel bintang empat, kocek yang dirogoh harus lebih dalam, yaitu sebesar 338 dolar AS atau Rp4,6 juta per malam. Sementara itu, jika ingin menjajal hotel bintang lima, harga yang ditawarkan mencapai 770 dolar AS atau sekitar Rp10,5 juta per malam. 

Mengenai transportasi antarkota, pemerintah Rusia menyediakan bus dan kereta gratis selama Piala Dunia, khusus untuk pemegang ID Penggemar dan tiket pertandingan Piala Dunia FIFA. Jika tidak, perjalanan bisa ditempuh menggunakan taksi, bus, kereta, bahkan pesawat.

Karena jarak antar stadion di antara kota-kota Rusia cukup jauh, perjalanan paling efektif ditempuh menggunakan pesawat. Harga tiket bolak-balik antarkota di Rusia berkisar antara 50-350 dolar AS atau Rp680 ribu-4,8 juta. 

Baca Juga: Tradisi Lagu Resmi Piala Dunia

Setelah dihitung, butuh uang yang tak sedikit untuk menonton langsung pertandingan Piala Dunia FIFA 2018, ya. Tapi, jika sebanding dengan pengalaman yang didapatkan, kenapa tidak?

Rekomendasi