JakLingko Siapkan Integrasi Tarif Ojol, Pesan Ojol Menuju Halte Juga Bisa Pakai Aplikasi Jaklingko

| 05 Aug 2022 15:50
Muhamad Kamaluddin (Dok. Antara)

ERA.id - Anak usaha BUMD DKI Jakarta PT JakLingko Indonesia, sebagai pengelola sistem pembayaran antarmoda menyiapkan tarif integrasi dengan ojek online (ojol) saat peluncuran integrasi tarif antarmoda di DKI Jakarta pada pertengahan Agustus 2022.

Direktur Utama PT JakLingko Indonesia Muhamad Kamaluddin mengatakan peluncuran integrasi tarif antarmoda itu juga bersamaan dengan peluncuran aplikasi dan kartu JakLingko untuk memudahkan pengguna merencanakan perjalanan menggunakan transportasi umum termasuk ojol atau ojek daring.

"Nanti pakai kode untuk ojek daring. Kami usahakan untuk membantu semua, bisa dinikmati semua warga dan merasakan manfaatnya," kata Kamaluddin saat dikonfirmasi di Jakarta dikutip dari Antara, Jumat (5/8/2022).

Kamaluddin menjelaskan pemesanan ojek daring sebagai transportasi pendukung (feeder) menuju halte maupun tujuan akhir dapat dilakukan menggunakan aplikasi JakLingko yang sudah terintegrasi di dalamnya.

Dalam aplikasi tersebut, pengguna transportasi umum dapat merencanakan perjalanan dari titik awal sampai tujuan dengan berbagai opsi moda, yakni TransJakarta, LRT Jakarta, dan MRT Jakarta.

Pengguna dapat memilih perjalanan antarmoda dengan rute tercepat maupun rute terjangkau.

Aplikasi JakLingko juga akan memperlihatkan posisi (tracking) masing-masing moda secara terkini (real time) sehingga pengguna tidak perlu khawatir tidak tepat waktu untuk sampai tujuan.

Seiring dengan peluncuran yang semakin dekat, JakLingko juga telah mengintegrasikan kartu uang elektronik dari berbagai bank yang nantinya dapat mencatat perpindahan antarmoda.

"Yang kami lakukan dengan perbankan adalah memformat kartu lama, jadi nanti pengguna kartu bank tersebut hanya perlu 'tapping' satu kali di mesin JakLingko agar format kartunya berubah dan bisa mencatat integrasi perpindahan antarmoda," kata Kamaluddin.

Rekomendasi