Lirik Irwasum Saat Ditanya Soal Jenderal Bintang Tiga yang Ancam Mengundurkan Diri, Kapolri: Kita Kompak Semua

| 25 Aug 2022 09:55
Lirik Irwasum Saat Ditanya Soal Jenderal Bintang Tiga yang Ancam Mengundurkan Diri, Kapolri: Kita Kompak Semua
Rapat Komisi III DPR bersama Kapolri (Gabriella Thesa/ ERA)

ERA.id - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo buka suara soal kabar adanya jenderal bintang tiga yang mengancam mengundurkan diri jika Irjen Ferdy Sambo tak segera ditetapkan sebagai tersangka.

Sigit awalnya mengatakan tak bisa menjawab pertanyaan terkait siapa sosok jenderal bintang tiga yang dimaksud. Alasannya, isu itu bukan berasal darinya.

"Saya kira pertanyaan terkait bintang tiga saya ndak bisa jawab, karena yang menjelaskan bukan saya," dalan konferensi pers di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (24/8/2022).

Namun setelah itu, Sigit terlihat menoleh ke kanan dan menyebut bahwa semua jenderal bintang tiga di Polri sangat kompak. Adapun yang berdiri si sisi kanan Sigit yaitu Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri, Komjen Agung Budi Maryoto, serta Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono.

Sambil tersenyum, Sigit melirik Irwasum Agung dan memastikan semuanya kompak

"Tapi yang jelas kita kompak semuanya," ujarnya.

Ketika Kapolri bilang kompak, sontak Komjen Agung memberikan salam komando. Sementara Wakapolri yang hanya mengangguk.

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menolak membongkar sosok jenderal bintang tiga yang mengancam mengundurkan diri terkait kasus Irjen Ferdy Sambo, kepada Komisi III DPR RI.

Hal itu dia sampaikan dalam RDP dan RDPU antara Komisi III DPR RI dengan LPSK, Komnas HAM, dan Kompolnas di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (22/8/2022).

Awalnya, Anggota Komisi III DPR RI Sarifudin Sudding mempertanyakan siapa sosok jenderal bintang tiga yang mengancam mengundurkan diri jika Polri tak segera menetapkan Ferdy Sambo sebagai tersangka penembakan Brigadir Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Sosok itu sempat disinggung Mahfud dalam acara di sebuah stasiun televisi swasta.

"Saya ingin minta yang sebenarnya dari Pak Mahfud, siapa sebenarnya bintang tiga itu, dan terkait masaah apa. Ini penting bagi publik, jangan beri informasi setengah-setengah," kata Sudding.

Menanggapi pertanyaan itu, Mahfud tegas menjawab tidak mau mengungkapkan siapa sosokk jenderal bintang tiga itu. Dia mengatakan, hanya akan mengungkapkannya kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Presiden Joko Widodo.

"Saya hanya akan menjelakan kepada dua pihak. Satu, kepada Kapolri. Yang kedua, kepada Presiden," tegas Mahfud.

Rekomendasi