Gelar Aksi Demo di Patung Kuda Jakpus, Mahasiwa Bakar Ban Hingga Spanduk yang Dibawanya Sendiri

| 06 Sep 2022 16:25
Gelar Aksi Demo di Patung Kuda Jakpus, Mahasiwa Bakar Ban Hingga Spanduk yang Dibawanya Sendiri
Aksi demonstrasi yang dilakukan mahasiswa di Patung Kuda Arjuna Wijaya (Sachril Agustin Berutu/Era.id)

ERA.id - Sejumlah mahasiswa melakukan unjuk rasa menolak kenaikan BBM di sekitar Patung Kuda Arjuna Wijaya, Jakarta Pusat (Jakpus). Demo ini berakhir ricuh.

Pantauan ERA, Selasa (06/09/2022), sejumlah mahasiswa dari berbagai kampus datang ke sekitar Patung Kuda sekitar pukul 14.26 WIB. Massa datang dengan berjalan kaki.

Para massa ini membawa spanduk-spanduk penolakan kenaikan BBM dan bendera-bendera. Beberapa spanduk ini bertuliskan "Ada yang naik tapi bukan gaji" dan "Tolak Kenaikan BBM rezim Jokowi-Ma'ruf gagal total". Ada juga bendera BEM Nusantara DKI Jakarta yang dibawa mahasiswa.

Polisi yang berjaga langsung mengarahkan massa ke area sekitar pintu masuk Monas barat daya. Tiba, para mahasiswa ini langsung berorasi.

Orator bergantian berorasi. Mereka semua berorasi mengenai kenaikan BBM. Para mahasiswa ini menuntut agar harga BBM diturunkan.

Tak lama berorasi, massa kemudian menaruh sebuah ban. Ban ini dibakar demonstran.

"Ini adalah suatu bentuk perlawanan kita," kata salah satu orator.

Tak hanya ban, massa menaruh spanduknya yang dibawa ke ban yang sudah dibakar. Massa membakar sendiri spanduk yang dibawanya.  

Api pun membesar. Asap mengepul tinggi. Massa pun kembali melanjutkan aksi. Orasi mengenai penolakan kenaikan BBM masih dilakukan.

Rekomendasi