Anies Tiba di KPK untuk Beri Keterangan soal Formula E

| 07 Sep 2022 10:07
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tiba di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (7/9/2022). ANTARA/Benardy Ferdiansyah

ERA.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan datang memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Anies akan dimintai keterangan soal dugaan korupsi di penyelenggaraan Formula E Jakarta.

Terpantau, Anies tiba di Gedung Merah Putih KPK, Jl Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (7/9/2022), sekitar pukul 09.26 WIB. Anies datang mengenakan baju dinas.

Dia datang sendirian ke gedung KPK. Anies terlihat membawa satu map biru. Dia tak berbicara banyak kepada awak media yang telah menunggu kedatangannya.

"Terima kasih, terima kasih," ucap Anies.

Anies lalu masuk ke gedung KPK.

Sebelumnya, KPK meminta keterangan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mendapatkan gambaran utuh terkait penyelenggaraan Formula E di DKI Jakarta.

KPK menjadwalkan memanggil Anies pada Rabu (7/9/2022) untuk dimintai keterangan terkait permasalahan penyelenggaraan Formula E yang sedang diselidiki KPK.

"Proses ini sebagai salah satu langkah agar KPK bisa mendapatkan gambaran awal dan utuh terkait dugaan peristiwa pidana dimaksud," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri di Jakarta, Selasa, (6/9/2022).

Ia menjelaskan bahwa dalam proses penyelidikan, KPK dapat mengundang berbagai pihak untuk dikonfirmasi dan diklarifikasi oleh tim penyelidik KPK.

KPK menegaskan siapa pun jika memang keterangannya dibutuhkan pasti dipanggil dalam proses penyelidikan tersebut.

"Hal ini untuk melengkapi pengumpulan bahan keterangan dalam rangka mencari dan menemukan adanya dugaan peristiwa pidana. Tentu sebagai tindak lanjut KPK atas laporan masyarakat," ujar Ali.

KPK pun mengharapkan pihak-pihak yang akan dimintai keterangan terkait penyelenggaraan Formula E kooperatif agar proses berjalan secara efektif dan efisien dengan tetap mengedepankan prinsip-prinsip dan norma hukum yang berlaku.

Sementara itu, Anies mengatakan telah menerima surat panggilan dari KPK untuk memberi keterangan pada Rabu besok. "Saya dimintai surat panggilan KPK, Rabu, 7 September pagi," kata Anies di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Senin (5/9/2022).

Rekomendasi