PA 212 Akan Demo Kenaikan Harga BBM Hari Ini, Rizieq 'Turun Gunung'?

| 12 Sep 2022 11:37
PA 212 Akan Demo Kenaikan Harga BBM Hari Ini, Rizieq 'Turun Gunung'?
Muhammad Rizieq Shihab diapit polisi dan koleganya (Antara).

ERA.id - Persaudaraan Alumni (PA) 212 akan berdemo menolak kenaikan BBM hari ini. Belum diketahui, apakah pentolan Front Persaudaraan Islam (FPI), Rizieq Shihab yang kerap disapa Habib Rizieq akan hadir.

"Belum ada info (Habib Rizieq akan hadir atau tidak)," kata Sekretaris Majelis Syuro PA 212 Slamet Maarif, Senin (12/9/2022).

Terpisah, kuasa hukum Habib Rizieq, Aziz Yanuar juga mengungkap hal senada. "Kita lihat saja nanti," kata Aziz.

Sebelumnya, PA 212 berencana menggelar aksi penolakan kenaikan BBM. Aksi ini dilakukan siang nanti di Istana Kepresidenan, Jakarta.

"Aksi 1209 Akbar, Aksi Bela Rakyat di Istana Negara, pukul 13.00 WIB sampai selesai," kata Slamet Maarif, Senin (12/09/2022).

"(Estimasi massa) ribuan," sambungnya.

Slamet mengatakan ada tiga tuntutan yang akan disuarakan massa PA 212 hari ini. Selain menolak kenaikan BBM, PA 212 juga akan meminta pemerintah untuk menstabilkan harga-harga, dan menegakkan supremasi hukum.

Terpisah, polisi menyebut akan ada tiga titik wilayah yang menjadi lokasi demo menolak kenaikan BBM pada hari ini.

Ketiga wilayah di kawasan Patung Kuda Jakarta Pusat, Balai Kota DKI Jakarta, dan di depan Gedung DPR/MPR RI. Polisi menyebut jumlah massa berkisar ratusan orang.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan menyebut pihaknya sudah menyiapkan personel untuk mengamankan jalannya aksi demo tersebut. Ribuan personel gabungan disiagakan untuk mengamankan demo hari ini.

"Ada 6.142 personel dikerahkan," beber Zulpan kepada wartawan, Senin.

Sebanyak 6.142 personel ini merupakan personel gabungan yang terdiri dari personel TNI, Polri hingga unsur dari pemerintah daerah seperti Dishub, Satpol PP hingga pemadam kebakaran.

Rekomendasi