DPRD Telah Tetapkan Tiga Nama Pengganti Anies Sebagai Gubernur DKI Jakarta, Ini Daftarnya

| 13 Sep 2022 15:37
DPRD Telah Tetapkan Tiga Nama Pengganti Anies Sebagai Gubernur DKI Jakarta, Ini Daftarnya
Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi (Antara)

ERA.id - DPRD DKI Jakarta telah memutuskan tiga nama calon penjabat (Pj) gubernur DKI. Tiga nama ini diputuskan dari hasil voting yang dilakukan para anggota DPRD DKI Jakarta.

Rapat untuk memutuskan tiga nama pengganti Anies sebagai Gubernur DKI Jakarta digelar di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (13/09/2022). Rapat ini dipimpin oleh Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pras.

Awalnya, Pras membacakan nama-nama pengganti Anies yang diusulkan tiap fraksi DPRD DKI Jakarta. Usai Pras membacakan usulan tiap fraksi, nama-nama ini disaring menjadi tiga.

Tiga nama itu adalah Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono dengan 9 suara, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Marullah Mattali dengan 9 suara, dan Dirjen Politik dan Pemerintah Umum (Polpul) Kemendagri Bahtiar dengan 6 suara.

"Jadi nama yang tersaring, pertama Heru Budi Hartono, Marullah Matali, ketiga Bahtiar, apakah ini disetujui?" tanya Pras saat rapat.

"Disetujui," jawab anggota dewan. Pras lalu mengetok palu.

Tiga Nama Pengganti Anies Sebagai Gubernur DKI Jakarta (Sachril Agustin/ ERA)

Pras menjelaskan tiga nama yang terpilih ini akan diserahkan DPRD DKI kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Selanjutnya, sambung dia, ketiga nama ini akan dikirim ke Presiden Joko Widodo bersama tiga kandidat lain yang diusulkan Kemendagri.

Sebelumnya, Prasetio Edi Marsudi mengusulkan skema pemungutan suara (voting) untuk memilih tiga dari total 42 nama sebagai calon penjabat gubernur DKI.

"Ada 42 nama. Kami 'voting' siapa namanya yang terbanyak," kata Pras di gedung DPRD DKI, Senin (12/9/2022) dikutip dari Antara.

Rekomendasi