Anies Ingin Tahun 2030 Pengguna Transportasi Umum di Jakarta Capai 4 Juta per Hari

| 27 Sep 2022 13:58
Anies Ingin Tahun 2030 Pengguna Transportasi Umum di Jakarta Capai 4 Juta per Hari
Anies saat naik TransJakarta.

ERA.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ingin pengguna transportasi umum di Jakarta bisa meningkat pada 2030.

Dia menargertkan, jumlah penumpang transportasi umum bisa sebesar 4 juta orang per harinya. "Jadi target 4 juta bukan hari ini, itu 2030," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (27/9/2022).

Dijelaskan pula masyarakat yang akan beraktivitas memiliki dua pilihan, yakni memakai kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi umum.

Dari sana, Pemprov DKI Jakarta terus berupaya agar masyarakat mau beraktivitas mau menggunakan transportasi umum.

Politikus non partai ini mengatakan, pemakaian transportasi bukanlah sebuah kewajiban. Meski begitu, penggunaan transportasi massa harus menjadi pilihan rasional.

"Itu insentif, sehingga ketika orang naik kendaraan umum itu bukan karena diwajibkan, tapi karena merasa naik kendaraan umum pilihan rasional. Kalau dia merupakan pilihan rasional, maka dia akan mengerjakan lagi. Tapi kalau sebuah kebijakan itu diharuskan, maka ketika keharusan itu tidak ditegakkan, ditinggalkan," imbuhnya.

Lebih lanjut, mantan Mendikbud ini mengatakan Pemprov DKI terus bekerja agar biaya pemakaian transportasi umum bisa murah, dan pengguna merasa nyaman, ketimbang memakai kendaraan pribadi.

"Karena itu kami yakin, apabila insentif itu ada, dalam bentuk subsidi lalu jangkauan kendaraan umum diperluas, lalu armadanya ditambah, saya yakin jumlah pengguna kendaraan umum di Jakarta akan bisa makin meningkat dan sesuai target," kata Anies.

Rekomendasi