Kata Anies Sejak Dia Memimpin, Kemacetan di Jakarta Turun

| 14 Nov 2019 19:09
Kata Anies Sejak Dia Memimpin, Kemacetan di Jakarta Turun
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Mahesa/era.id)
Jakarta, era.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim tingkat kemacetan di ibu kota negara sudah turun sejak dua tahun lalu. Kini posisi Jakarta ada di urutan ke-7 di dunia sebagai kota paling macet di planet ini. Posisi yang lebih baik tiga tingkat dibanding sebelumnya.

"Alhamdulillah, Jakarta turun tingkat kemacetannya. Karena kalau pindah 300 ribu orang per hari dalam dua tahun ini," ujar Anies dalam sambutannya saat acara Rakornas PKS di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis (14/11/2019).

Anies juga pamer Jakarta sudah menjadi salah satu kota dengan perbaikan transportasi publik di dunia. Anies mengatakan hal itu tidak terlepas dari sistem transportasi Jakarta yang sudah mulai terintegrasi.

Dengan sistem transportasi yang sudah terintegrasi, kata Anies, terjadi peningkatan jumlah penggunaan transportasi publik. Ia mencontohkan di tahun 2017, rata-rata pengguna kendaraan umum dalam sehari mencapai 340 ribu penumpang. Namun sejak ia memimpin terjadi peningkatan penumpang mencapai dua kali lipat.

"Begitu diintegrasikan semuanya, dengan satu piket bisa pindah ke lain moda secara leluasa. Dalam dua tahun, (jumlah penumpang) meningkat menjadi 650 ribu orang per hari. Naik dua kali lipat," ujarnya.

"Alhamdulillah Jakarta tahun ini menjadi satu dari tiga kota di dunia yang disebut sebagai kota most impoved public transport in the world," kata Anies.

Bagi Anies, ini cuma ilustrasi kecil dari hasil ikhtiar bersama. Sebagai penegasan, itu tidak dikerjakan oleh satu orang saja. Ia menegakan pada prinsipnya masyarakat ingin Jakarta membangun suatu sistem yang berkeadilan dan setara bagi warga masyarakatnya.

"Karena kita berharap dari situ muncul perasaan persatuan," pungkasnya.

Rekomendasi