Satu Penumpang Tewas dan Sembilan Terluka Akibat Bus Terguling di Tol Tangerang-Merak

| 19 Dec 2022 11:03
Satu Penumpang Tewas dan Sembilan Terluka Akibat Bus Terguling di Tol Tangerang-Merak
Satu unit bus terguling di Jalan Tol Tangerang-Merak KM 46 arah Jakarta ke Merak. (Polresta Tangerang)

ERA.id - Satu unit bus terguling di Jalan Tol Tangerang-Merak KM 46 arah Jakarta ke Merak. Kejadian tersebut terekam dalam video yang viral di media sosial Instagram.

Dalam video berdurasi 40 detik yang diviralkan oleh akun Instagram @infoserang, bus tersebut terguling hingga memakan median tengah jalan yang membuat kemacetan kendaraan lainnya.

Dalam video tersebut, terlihat beberapa penumpang yang berhasil dievakuasi tengah duduk di samping bus yang berwarna putih merah itu.

"Bus terguling di Jalan Tol Tangerang-Merak sekitar KM 46 arah Serang. Kejadian sekitar pukul 14.00 WIB. Penyebab belum diketahui, petugas sudah ada di lokasi," tulis akun tersebut.

Sementara, Kepala Induk PJR Serang Korlantas Polri Tol Tangerang-Merak, Kompol Wiratno membenarkan insiden tersebut. Akibatnya satu dari 10 penumpang dinyatakan meninggal

"Sisanya sembilan penumpang luka-luka akibat peristiwa tersebut," ujarnya, Senin (19/12/2022).

Wiratno menjelaskan insiden tersebut terjadi karena sopir bus kurang konsentrasi saat mengemudi sehingga di luar kendali. Dengan posisi akhir bus terbalik miring roda kanan dalam posisi kanan diatas.

"Awalnya bus dengan nomor polisi B 7925 TGC melaju di lajur 2, tapi tiba-tiba sopir kurang konsentrasi mengemudikan bus saat kondisi cuaca hujan, sehingga terbalik. Posisi akhir bus terbalik miring roda kanan di atas hadap Selatan melintang di lajur 3 dan lajur 2," ucapnya.

Wiratno menambahkan pihaknya telah mengevakuasi seluruh penumpang yang terluka, meninggal, hingga yang selamat. "Para korban baik yang terluka dan meninggal telah dibawa ke RS Tobat Balaraja. Kelanjutan perkara tersebut ditangani Polresta Tangerang," jelasnya.

Rekomendasi