Dinkes Kabupaten Tangerang Sebar Nakes di 12 Posko Nataru

| 22 Dec 2022 12:16
Dinkes Kabupaten Tangerang Sebar Nakes di 12 Posko Nataru
Ilustrasi - Petugas kesehatan dari Dinkes Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, saat melakukan pemeriksaan di posko pantau COVID-19. (FOTO ANTARA/Azmi Samsul Maarif)

ERA.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang menerjunkan puluhan tenaga kesehatan (nakes) melayani pengendara saat Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Puluhan nakes itu akan disebar di 12 titik posko terpadu yang ada di wilayah Kabupaten Tangerang.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Fariz mengatakan, sebanyak 64 nakes akan bersiaga. Nantinya akan ditempatkan di posko yang dibuat tiga polres.

"Kita ikut terlibat ke 12 titik posko Natal dan Tahun Baru. Posko itu yang dibuat tiga Polres yang wilayahnya masuk Kabupaten Tangerang, di antaranya seperti Polres Tangerang Selatan, Polres Metro Kota Tangerang dan Polresta Tangerang," ujarnya, Kamis (22/12/2022).

Fariz menuturkan, tenaga kesehatan yang disiapkan tersebut guna memastikan kesehatan pemudik. Sehingga mereka dapat aman dalam perjalanan menuju rumahnya.

Di dalam posko pelayanan itu, para tenaga kesehatan akan ditugaskan untuk memberikan pelayanan medis kepada masyarakat umum yang melaksanakan perayaan libur Natal dan Tahun Baru.

"Bentuk pelayanan yang disiapkan seperti pelayanan P3K, pengobatan, vaksinasi hingga screening covid-19. Sementara untuk fasilitasnya ada mobil ambulans, tenaga medis yang terdiri dari dokter dan perawat yang nantinya akan di siap siagakan di posko-posko," jelasnya.

Fariz menjelaskan, 64 orang petugas kesehatan yang disiapkan itu akan di bagi menjadi beberapa tim. Terdiri dari tiga orang perawat dan satu dokter spesialis. 

"Dan untuk khusus tenaga dokter kita siapkan sebanyak 20 orang," tuturnya.

Fariz juga mengimbau, kepada masyarakat yang melakukan perayaan atau mudik pada libur Natal dan Tahun Baru untuk memperhatikan kesehatannya. 

"Masyarakat juga bisa memanfaatkan posko kesehatan yang disiapkan pemerintah termasuk yang berada di posko tempat ibadah," jelasnya.

Rekomendasi