Antisipasi Ancaman Teroris, Seluruh Gereja di DKI Jakarta Bakal Diamankan dengan Ketat

| 23 Dec 2022 12:53
Antisipasi Ancaman Teroris, Seluruh Gereja di DKI Jakarta Bakal Diamankan dengan Ketat
Umat Kristen saat berdoa di gereja (Antara)

ERA.id - Seluruh gereja di DKI Jakarta bakal diberi pengamanan di hari raya Natal 2022. Sterilisasi akan dilakukan guna mengantisipasi ancaman teroris.

"(Penempatan personel) tergantung kepada kapasitas gerejanya ya, khusunya untuk gereja-gereja besar seperti Katedral yang jemaatnya di atas 5.000, tentu lebih banyak pengamanannya. Kemudian gereja-gereja itu juga kita lakukan sterilisasi sebelum dilakukan peribadatan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan kepada wartawan, Jumat (23/12/2022).

Zulpan menerangkan Polda Metro Jaya menyiapkan 7.421 personel pada Operasi Lilin 2022 ini. Sebanyak 97 pos pengamanan dan 38 pos pelayanan juga disiapkan untuk pengamanan Natal dan tahun baru 2023.

Dia menerangkan ada 1.385 gereja yang bakal diamankan petugas. "Ada dua sasaran penting dalam pengamanan ini, yaitu pengamanan Hari Natal dan tahun baru. Jadi kepolisian akan memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka kegiatan tersebut," ucapnya.

Zulpan mengatakan masyarakat dapat dengan aman dan nyaman merayakan Natal dan tahun baru 2023. Pada Operasi Lilin 2022 ini, dia mengatakan tempat-tempat rekreasi di DKI Jakarta juga akan diamankan seluruh petugas yang berjaga.

"Ada beberapa tempat titik rekreasi yang telah ditetapkan Pemerintah Daerah yang di Ibu Kota di antaranya Ancol, Ragunan, Kota Tua, Bundaran HI, TMII," kata dia.

Rekomendasi