Antisipasi Banjir di Pesisir DKI, Pemprov DKI Pastikan Pompa Waduk Pluit Dioptimalkan

| 26 Dec 2022 15:44
Antisipasi Banjir di Pesisir DKI, Pemprov DKI Pastikan Pompa Waduk Pluit Dioptimalkan
Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono (kanan) bersama Wakil Ketua KPK Alexander Marwata (tengah) (ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna)

ERA.id - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan memaksimalkan pompa waduk Pluit untuk mengantisipasi banjir rob di pesisir ibu kota.

"Dan tentunya petugas yang terkait bisa mengatasi ini, pompa Waduk Pluit saya pastikan (bekerja dengan optimal). Nanti saya minta sama Kadis SDA untuk bisa mempercepat mengurangi rob," kata Heru kepada wartawan, Senin (26/12/2022).

Heru menambahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) sudah memberi peringatan kemungkinan terjadi banjir rob di sejumlah kawasan di Jakarta Utara (Jakut). Dia menjelaskan ada peningkatan tinggi muka air laut sekitar 10 sentimeter saat ini.

"Banjir rob memang pertama sudah diingatkan oleh BPBD dan sampai dengan 30-31 Desember. Memang air laut agak tinggi dan saya lihat perkembangannya sentimeter di atas mata kaki sedikit," ucapnya.

Lebih lanjut, Heru mengatakan Pemprov DKI Jakarta sudah siap menangani banjir yang mungkin terjadi akibat cuaca ekstrem yang sedang terjadi ini. Koordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sambungnya, akan dilakukan.

Sebelumnya, banjir rob melanda sejumlah kawasan di Pelabuhan Muara Angke, Penjaringan, Jakut, Minggu (25/12) kemarin. Ketinggian air sempat mencapai 50 centimeter.

"Di Muara Angke ada beberapa titik termasuk di pospol juga keredam juga air rob. Di RW 22 tadi di dermaga tapi satu lagi di Pengedokan itu terendam juga tapi sampai saat ini kendaraan masih bisa masuk walaupun cukup tinggi airnya," kata Kapolsek Sunda Kelapa Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Kompol Riza Sativa, Minggu (25/12).

Rekomendasi