12,1 Ton Sampah Terkumpul di Jaktim Saat Tahun Baru 2023, Sudin LH Sebut Jumlahnya Tergolong Kecil

| 02 Jan 2023 21:37
12,1 Ton Sampah Terkumpul di Jaktim Saat Tahun Baru 2023, Sudin LH Sebut Jumlahnya Tergolong Kecil
Ilustrasi truk pengangkut sampah (Antara)

ERA.id - Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Timur (Sudin LH Jaktim) mengangkut sebanyak 12,1 ton sampah saat malam perayaan Tahun Baru 2023 pada Sabtu (31/12) hingga Minggu (1/1) pagi.

Kepala Sudin LH Jakarta Timur, Wahyudi Rudianto mengatakan, sampah tersebut berasal dari titik-titik keramaian malam Tahun Baru 2023 di wilayah tersebut.

“Jumlahnya tergolong sedikit karena keramaian warga maupun pedagang di jalan juga tidak terlalu banyak," kata Wahyudi di Jakarta, Senin (2/1/2022). 

Wahyudi menambahkan titik-titik keramaian tersebut berada di wilayah Flyover Pasar Rebo, Flyover Klender, Lapangan Jederal Urip Sumoharjo, kawasan Old Shanghai dan Jalan Pramuka Raya.

Wahyudi mengatakan, jumlah sampah yang diangkut itu tergolong kecil jika dibandingkan pada perayaan malam Tahun Baru 2019 sebanyak 700 ton.

"Kemarin memang kita prediksi sampah di TMII saja bisa mencapai 100 ton. Namun ternyata meleset prediksi itu," ujar Wahyudi.

Wahyudi mengatakan, sampah yang mendominasi pada malam perayaan Tahun Baru 2023 yakni botol air kemasan, wadah makanan, plastik, sampah kertas dan sisa kembang api.

Dia mengatakan faktor kondisi cuaca pada malam pergantian Tahun Baru 2023 sedikit mempengaruhi warga merayakan di luar rumah, sehingga jumlah sampah berkurang.

"Faktor cuaca sepertinya menjadi hal utama orang enggan keluar rumah," kata Wahyudi. (Ant)

Rekomendasi