Bus Pengangkut Siswa SMPN 4 Kota Tangerang Tabrakan Beruntun di Tol Jakarta-Cikampek KM 18

| 15 Feb 2023 23:15
Bus Pengangkut Siswa SMPN 4 Kota Tangerang Tabrakan Beruntun di Tol Jakarta-Cikampek KM 18
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Kejadian kecelakaan terjadi menimpa bus yang mengangkut puluhan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 Kota Tangerang mengalami kecelakaan di tol Jakarta-Cikampek KM 18, Bekasi, Jawa Barat. Tiga bus terlibat kecelakaan beruntun dari enam bus yang ditumpangi siswa hendak menuju Kota Bandung.

"Peristiwa awalnya itu terjadi sekitar pukul 07.30 WIB, tiga bus rombongan kita konvoi, tiba-tiba disalip sama mobil pribadi, terus berhenti di depan bus. Otomatis bus yang jaraknya terlalu dekat itu ngerem mendadak dan terjadilah kecelakaan beruntun itu," kata Wakil Kepala Sekolah Kesiswaan SMPN 4 Kota Tangerang, Iswanto saat ditemui wartawan, Rabu (15/2/2023).

Berdasarkan keterangan salah satu guru yang ikut, Iswanto menuturkan, akibat insiden tersebut empat siswa dan dua guru dipulangkan lantaran mengalami luka-luka dan trauma. Namun perjalanan study tur menuju sejumlah lokasi wisata di Bandung tetap dilanjutkan dengan mendatangkan bus pengganti.

"Kondisi kaca bus pecah, satu orang terkena pecahan kaca karena memang beradu dengan bus yang berada di depannya. Setelah kejadian itu, mereka langsung menghubungi dan meminta bus pengganti. Karena trauma dengan kejadian, ada yang pulang ke rumahnya masing-masing, sementara yang lain melanjutkan perjalanan. Mereka sudah berada di Jatinangor," jelasnya.

Iswanto menjelaskan kegiatan study tur itu diikuti sebanyak 320 siswa kelas 2 SMP berlangsung hanya satu hari. Namun, study tur dalam satu hari tersebut menuju ke tiga tempat, museum Biologi, museum Sribaduga, dan terakhir rekreasi di Jatinangor.

"Yang ikut itu ada 320 siswa dari kelas 8 (2 SMP), yang pulang tadi ada 4 orang. Kegiatan dalam rangka study tur atau pembelajaran keluar, total ada 6 bus yang berangkat," tukasnya.

Rekomendasi