Komjen Rycko Amelza Dahniel Akan Jadi Kepala BNPT Gantikan Boy Rafli

| 31 Mar 2023 12:12
Komjen Rycko Amelza Dahniel Akan Jadi Kepala BNPT Gantikan Boy Rafli
Komjen Rycko Amelza Dahnie (Sachril Agustin/ ERA)

ERA.id - Mantan Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Kalemdiklat) Polri Komjen Rycko Amelza Dahniel akan dilantik menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

"Pak Rycko akan menjabat sebagai kepala BNPT. Insya Allah akan dilantik Pak Presiden," kata As SDM Polri Irjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (31/3/2023).

Menanggapi rencana pelantikannya, Rycko menyatakan siap apabila ditunjuk sebagai Kepala BNPT.  

“Oh kita Bhayangkara Polri, harus siap melaksanakan tugas," ucapnya.

Rycko merupakan lulusan Akademi Kepolisian 1988 dengan meraih predikat lulusan terbaik. Pria kelahiran Bogor, 14 Agustus 1966, ini berpengalaman dalam bidang reserse. Ia bahkan masuk tim Bareskrim bersama Jenderal (Purn) Tito Karnavian melumpuhkan gembong teroris Dr Azahari pada 2005 di Batu, Jawa Timur.

Diketahui, Pada akhir Maret 2023, Komjen Boy Rafli Amar akan memasuki masa pensiun sebagai anggota kepolisian. Perjalanan karier Boy Rafli pun cukup menyita perhatian.

Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kapolri, telah menerbitkan surat telegram terkait mutasi Boy Rafli dari posisinya saat ini sebagai Kepala BNPT. Hal tersebut tertuang dalam Surat Telegram nomor ST/712/III/KEP/2023 tanggal 27 Maret 2023. Berdasarkan surat tersebut, Boy Rafli dimutasi menjadi Pati Densus 88 AT Polri.

Rekomendasi