Pj Gubernur Klaim DKI Bertransformasi Jadi Kota Global Setelah IKN Aktif, 'Colek' Bantuan dari Bappenas dan kemendagri

| 10 Apr 2023 16:21
Pj Gubernur Klaim DKI Bertransformasi Jadi Kota Global Setelah IKN Aktif, 'Colek' Bantuan dari Bappenas dan kemendagri
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (ANTARA/Siti Nurhaliza)

ERA.id - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyatakan bahwa Jakarta bertransformasi menjadi kota global setelah ibu kota Indonesia berpindah dari DKI ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

"Dengan diterapkan UU Nomor 3 Tahun 2022 tentang ibu kota negara maka kedudukan peran dan fungsi Jakarta sebagai ibu kota negara akan segera beralih ke IKN dan kami Pemprov DKI mendukung penuh pemindahan IKN dengan melakukan transformasi menjadi kota global," kata Heru saat membuka Acara Sidang Pleno Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Tahun 2024 Provinsi DKI Jakarta di Balai Kota, Jakarta dikutip dari Antara, Senin (10/4/2023).

Selain itu, Heru mengajak Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk menjaga kota global agar sesuai dengan syarat-syarat sebagai kota global.

"Dan rekan-rekan Bappenas dan Kemendagri bisa membantu sehingga poin-poin memasuki kota global kami bisa mendapat pemenuhan syarat-syarat sebagai kota global," ujar Heru.

Lebih lanjut, Heru berkomitmen akan memenuhi pencapaian indeks untuk transformasi Jakarta ke kota global dan meminta dukungan dari seluruh pemangku kebijakan pembangunan di Jakarta.

"Komitmen kita untuk memperkuat dan mewujudkan hal tersebut, antara lain tata kelola pemerintahan yang efisien. Tentunya juga turut serta dalam pembangunan. Sinkronisasi program kebijakan pusat dan daerah, mendukung pelaksanaan rencana pembangunan daerah," ucap Heru.

Jakarta juga turut mengantar dan menyukseskan perpindahan Ibu Kota Negara sesuai dengan ketentuan peraturan dan perundang-undangan, sehingga apapun kebijakan IKN yang bersangkutan dengan kota DKI seperti aset-aset dan pemerintah pusat akan disesuaikan.

Heru, pada bulan lalu juga menyatakan tengah memperkuat infrastruktur sebagai bagian dari sebelas strategi untuk mendukung Jakarta menjadi kota ekonomi dan bisnis setelah Ibu Kota Negara (IKN) pindah.

"Sebagai kota ekonomi kan masuk global city. Global city itu ada penilaiannya," kata Heru saat menghadiri pengukuhan Kepala Perwakilan Bank Indonesia DKI di Jakarta.

Menurut dia, selain penguatan infrastruktur sebelas langkah itu diantaranya penguatan sarana dan prasarana, pengendalian inflasi, hingga memfasilitasi kegiatan ekonomi masyarakat.

"Jadi strategi itu meliputi penguatan Infrastruktur, sarana prasarana, pengendalian inflasi, lantas mengambil sebuah keputusan kebijakan itu kan kami harus jaga," imbuh Heru.

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Jakarta akan terus diperbaiki dan menjadi kota bisnis dan pariwisata, sedangkan IKN Nusantara di Kalimantan Timur, menjadi kota pemerintahan.

"Jakarta sendiri sudah sangat padat, sangat macet. Tetapi Jakarta tetap akan terus kita perbaiki dan menjadi kota bisnis, kota pariwisata, kota ekonomi,” kata Presiden Jokowi dalam Pembukaan Muktamar XVIII PP Pemuda Muhammadiyah Tahun 2023, di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (22/2).

Ada pun pembangunan IKN dengan total biaya yang diperkirakan mencapai Rp466 triliun dengan estimasi rampung secara keseluruhan pada 2045.

Rekomendasi