Waspada! Polisi Sebut Ada 50 QRIS Palsu yang Tertempel di Masjid Istiqlal Jakarta

| 10 Apr 2023 20:53
Waspada! Polisi Sebut Ada 50 QRIS Palsu yang Tertempel di Masjid Istiqlal Jakarta
Ilustrasi QRIS (Antara)

ERA.id - Polisi melakukan penyelidikan di kasus penipuan mengganti QRIS kotak amal masjid dengan yang baru di kawasan Jakarta Selatan (Jaksel). Pelaku ternyata melakukan hal serupa di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat (Jakpus).

"Iya betul (ada pemasangan stiker QRIS palsu di Masjid Istiqlal). Ada sekitar 50 (QRIS palsu)," kata Wakil Ketua bidang Penyelenggara Peribadatan Masjid Istiqlal, Abu Hurairah kepada wartawan, Senin (10/4/2023).

Penempelan stiker QRIS palsu itu diketahui tiga hari lalu. Saat itu, petugas masjid curiga jika ada tulisan "restorasi masjid" pada stiker QRIS itu.

"(Diketahui ketika) ada petugas kita yang curiga. Kok ada tulisan restorasi mesjid (pada QRIS itu)," ungkapnya.

Petugas langsung mencopot dan menyerahkan QRIS palsu itu ke pihak bank yang tertera dalam kode batang tersebut.

Sebelumnya, polisi mengungkap pelaku yang melakukan penipuan mengganti QRIS kotak amal masjid dengan yang baru di tempat ibadah di kawasan Jaksel, ternyata sudah beraksi di empat lokasi yang berbeda.

"Untuk saat ini indikasinya sudah lebih dari satu lokasi, lebih dari satu lokasi dari lokasi ada di Kebayoran Lama dan ada di Pancoran, Pondok Indah, dan kalibata. Jadi ada beberapa lokasi," kata Kasat Reskrim Porles Metro Jakarta Selatan Kompol Irwandhy kepada wartawan hari ini

Hasil pemeriksaan sementara, pelaku diduga hanya satu orang atau tidak komplotan. Polisi saat ini masih memburu pelaku. Irwandhy menyebut kasus penipuan ini merupakan modus baru.

Sampai saat ini, baru satu orang yang melaporkan kejadian ini ke polisi. Terkait kerugian yang dialami pihak masjid dari kasus penipuan ini, belum dapat disimpulkan.

"Jadi nanti kita tentukan (total kerugian) setelah kita lakukan pemeriksaan, per tanggal ataupun per waktu ditempelkan kode batang yang berbeda milik dari pelaku. Kita akan menelusuri berapa keuntungan yang diperoleh pelaku," ucapnya.

Rekomendasi