Polisi Kantongi Identitas Pelaku yang Diduga Lakukan Penipuan Ganti QRIS Kotak Amal di Masjid

| 11 Apr 2023 10:55
Polisi Kantongi Identitas Pelaku yang Diduga Lakukan Penipuan Ganti QRIS Kotak Amal di Masjid
Pelaku pengganti QRIS Masjid yang viral (Tangkapan layar)

ERA.id - Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko menerangkan polisi telah mengidentifikasi pelaku yang diduga melakukan penipuan dengan mengganti barcode QRIS kotak amal di masjid-masjid di DKI Jakarta.

"(Pelaku) sudah teridentifikasi dan (kasus ini) ditangani Ditreskrimsus Polda Metro Jaya," kata Trunoyudo kepada wartawan, Selasa (11/4/2023).

Namun, dia enggan mengungkap identitas pelaku. Trunoyudo hanya menyebut informasi lebih lengkap akan disampaikan di lain waktu.

Sebelumnya, polisi masih melakukan penyelidikan di kasus penipuan penggantian QRIS di kotak amal masjid di kawasan Jakarta Selatan (Jaksel). Namun, kasus serupa juga ternyata terjadi di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat (Jakpus).

"Iya betul (ada pemasangan stiker QRIS palsu di Masjid Istiqlal). Ada sekitar 50 (QRIS palsu)," kata Wakil Ketua bidang Penyelenggara Peribadatan Masjid Istiqlal, Abu Hurairah kepada wartawan, Senin (10/4).

Penempelan stiker QRIS palsu itu diketahui tiga hari lalu ketika petugas curiga jika ada tulisan "restorasi masjid" pada stiker QRIS itu. Petugas langsung mencopot dan menyerahkan QRIS palsu itu ke pihak bank yang tertera dalam kode batang tersebut.

Polisi pun turun tangan menyelidiki kasus penipuan di masjid Istiqlal. "Iya lagi didalami," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Komarudin kepada wartawan dikutip hari ini.

Rekomendasi