Polisi Selidiki Pemasangan 50 QRIS Palsu di Masjid Istiqlal

| 11 Apr 2023 09:01
Polisi Selidiki Pemasangan 50 QRIS Palsu di Masjid Istiqlal
Masjid Istiqlal (Antara)

ERA.id - Polisi turun tangan menyelidiki kasus penipuan mengganti QRIS kotak amal di masjid Istiqlal, Jakarta Pusat (Jakpus).

"Iya lagi didalami," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Komarudin kepada wartawan dikutip Selasa (11/4/2023).

Komarudin menerangkan pihaknya sudah ke Masjid Istiqlal untuk melakukan pengecekan, Senin (10/4) malam. Namun, polisi belum menerima laporan dari pihak pengurus Masjid Istiqlal terkait temuan barcode QRIS palsu itu.

"Kami akan berkoordinasi dengan pengurus Masjid Istiqlal sekaligus ya kita mengecek CCTV untuk ketahui apakah ini sama (dengan kasus) yang di (Jakarta) Selatan atau yang lain," ucapnya.

Dia pun menyebut pihaknya akan mengecek masjid-masjid lain di wilayah Jakpus untuk mencari ada tidaknya QRIS palsu. Pencarian ini dilakukan dengan melibatkan pengurus RW setempat.

Sebelumnya, polisi masih melakukan penyelidikan di kasus penipuan mengganti QRIS kotak amal masjid dengan yang baru di kawasan Jakarta Selatan (Jaksel). Kasus serupa ternyata terjadi di Masjid Istiqlal.

"Iya betul (ada pemasangan stiker QRIS palsu di Masjid Istiqlal). Ada sekitar 50 (QRIS palsu)," kata Wakil Ketua bidang Penyelenggara Peribadatan Masjid Istiqlal, Abu Hurairah kepada wartawan, Senin (10/4).

Penempelan stiker QRIS palsu itu diketahui tiga hari lalu. Saat itu, petugas masjid curiga jika ada tulisan "restorasi masjid" pada stiker QRIS itu. "(Diketahui ketika) ada petugas kita yang curiga. Kok ada tulisan restorasi mesjid (pada QRIS itu)," ungkapnya.

Petugas langsung mencopot dan menyerahkan QRIS palsu itu ke pihak bank yang tertera dalam kode batang tersebut.

Rekomendasi