Kasus Barcode QRIS Palsu Tak Hanya di Jakarta, tapi Diduga Juga Terjadi di Masjid Bintaro Tangsel

| 11 Apr 2023 09:20
Kasus Barcode QRIS Palsu Tak Hanya di Jakarta, tapi Diduga Juga Terjadi di Masjid Bintaro Tangsel
Ilustrasi QRIS (Antara)

ERA.id - Kasus penipuan QRIS palsu di kotak amal tak hanya di masjid-masjid di kawasan DKI Jakarta, tapi juga diduga terjadi di Masjid Raya Bintaro Jaya, Tangerang Selatan (Tangsel).

Kasi Humas Polres Tangsel Ipda Galih menjelaskan polisi telah memonitor kasus dugaan pemasangan QRIS palsu di Masjid Raya Bintaro Jaya.

"Kita sudah monitor kejadian tersebut, akan diselidiki oleh polres maupun polsek," kata Galih kepada wartawan, dikutip Selasa (11/4/2023).

Penyelidikan akan tetap dilakukan meski belum ada yang melaporkan kejadian tersebut. Galih pun mengimbau pengurus masjid untuk waspada dan selalu mengecek keaslian stiker QRIS.

Sebelumnya, polisi masih melakukan penyelidikan di kasus penipuan penggantian QRIS di kotak amal masjid di kawasan Jakarta Selatan (Jaksel). Namun, kasus serupa juga ternyata terjadi di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat (Jakpus).

"Iya betul (ada pemasangan stiker QRIS palsu di Masjid Istiqlal). Ada sekitar 50 (QRIS palsu)," kata Wakil Ketua bidang Penyelenggara Peribadatan Masjid Istiqlal, Abu Hurairah kepada wartawan, Senin (10/4).

Penempelan stiker QRIS palsu itu diketahui tiga hari lalu ketika petugas curiga jika ada tulisan "restorasi masjid" pada stiker QRIS itu. Petugas langsung mencopot dan menyerahkan QRIS palsu itu ke pihak bank yang tertera dalam kode batang tersebut.

Polisi pun turun tangan menyelidiki kasus penipuan di masjid Istiqlal. "Iya lagi didalami," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Komarudin kepada wartawan dikutip hari ini.

Rekomendasi