Anggota TNI Tendang Motor Ibu-Anak Boncengan Kena Sanksi Disiplin, Dandenhanud 471 Cari Korban untuk Minta Maaf

| 25 Apr 2023 12:33
Anggota TNI Tendang Motor Ibu-Anak Boncengan Kena Sanksi Disiplin, Dandenhanud 471 Cari Korban untuk Minta Maaf
Viral video oknum TNI tendang motor ibu-anak berboncengan (Twitter/@txtdariorangberseragam)

ERA.id - Kepala Pusat Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsekal Pertama (Marsma) Indan Gilang mengatakan, Prajurit Kepala (Praka) ANG sudah dikenakan sanksi disiplin atas perilaku arogannya terhadap masyarakat sipil.

Diketahui, Praka ANG yang merupakan anggota Denhanud 471 Kopasgat TNI AU tengah viral di media sosial lantaran menendang motor seorang ibu yang sedang membonceng anaknya.

"Saat ini yang bersangkutan sudah mendapatkan sanksi disiplin dari atasannya," kata Indan kepada wartawan, Selasa (25/4/2023).

Selain itu, Dandenhanud 471 juga sedang mencari ibu dan anak tersebut untuk menyampaikan permintaan maaf. 

"Dandenhanud 471 juga sedang mencari ibu tersebut utk meminta maaf secara langsung," kata Indan.

Indan juga meminta masyarakat tak ragu melaporkan kepada pihaknya apabila melihat ada anggotanya yang bertindak arogan.

"Silahkan laporkan ke satuan TNI AU terdekat apabila ada anggota TNI AU yang melakukan pelanggaran," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Seorang ibu dan anak yang sedang berboncengan sepeda motor tengah viral di media sosial. Sebabnya, motor yang dikendarai ibu tersebut ditendang oleh orang yang diduga oknum anggota TNI. Adapun peristiwa tersebut terjadi di Jatiwarna, Pondok Gede, Bekasi

Dalam video yang beredar, terlihat seorang yang diduga oknum anggota TNI mengenakan seragam loreng hijau sedang mengendarai motor matik. Di sampingnya terlihat seorang ibu sedang membonceng anaknya, ibu dan anak tersebut nampak mengenakan helm.

Berdasarkan keterangan saksi mata sekaligus pemilik video, oknum TNI tersebut menendang motor ibu tersebut sebanyak dua kali. Penyebabnya diduga karena mengerem mendadak.

Saksi mata menjelaskan, ibu tersebut terpaksa mengerem mendadak lantaran kendaraan di depannya juga mengerem mendadak. Akibatnya, oknum TNI yang berada di belakang ibu tersebut menjadi kaget dan motornya menabrak.

"Itu yang bawa motor ibu-ibu, dan bonceng anak kecil. Dia juga ngerem mendadak karena didepannya ngerem mendadak, nah ditabraklah akhirnya sama Om JAGOAN ini. Abis tu ditendang motornya," tulis saksi mata dalam video tersebut.

Akibat tendangan tersebut, motor yang dikendarai ibu tersebut sempat oleng. Namun ibu itu berusaha menahan motor supaya tidak terjatuh.

Setelah melakukan aksinya, oknum TNI tersebut terlihat langsung memacu motor metiknya. Menurut saksi mata yang merekam kejadian tersebut, saat kejadian ibu yang motornya ditendang itu hanya terdiam dan melanjutkan berkendara pelan-pelan.

Ibu tersebut juga disebut sempat berhenti untuk menanyakan kondisi anaknya serta memeriksa kondisi motornya.

"Dan ibu-ibunya mungkin takut karena lihta "Om Jagoan Pake Seragam". Jadi cuma diam aja, jalan lagi pelan-pelan dan berhenti nanya anaknya dan liat motornya," kata saksi mata. 

Warganet yang melihat rekaman video tersebut langsung mengecam aksi oknum TNI itu. Mereka menilai tindakan tersebut sangat arogan.

Rekomendasi