Kacau, Ada Pencuri Motor Pura-Pura Jadi Tukang Parkir di Monas

| 01 May 2023 06:31
Kacau, Ada Pencuri Motor Pura-Pura Jadi Tukang Parkir di Monas
Ilustrasi penjara (ANTARA)

ERA.id - Seorang juru parkir liar di kawasan Monas, Jakarta Pusat (Jakpus), Syawal Lubis (33) ditangkap usai membawa kabur motor warga, Sabtu (29/4) malam kemarin.

Kapolsek Gambir Kompol Mugia Yarry Junanda menjelaskan kejadian berawal ketika korban, Rasjono dan Septiyani, datang dan memarkirkan kendaraannya di lokasi yang dijaga pelaku, yakni di depan gedung Kementerian BUMN, Jakpus. Keduanya hendak berjalan-jalan ke Monas.

"Oleh juru parkir liar tersebut disarankan untuk jangan dikunci stang agar mudah dipindah-pindahkan," kata Mugia dalam keterangannya, Minggu (30/4/2023).

Rasjono dan istrinya lalu dimintai uang Rp10 ribu terlebih dahulu. Setelah itu, keduanya pergi ke Monas.

Sekira pukul 22.00 WIB, korban kembali ke parkiran itu untuk pulang. Namun, mereka kaget karena motornya sudah tidak ada di lokasi, termasuk Syawal Lubis.

Keduanya lalu mencari tahu keberadaan motornya ke warga sekitar, yakni Ferdy Irwandy. Korban pun mengetahui jika motornya didorong oleh seseorang ke arah Jalan Sabang.

Rasjono lalu meminta Ferdy untuk mencari orang tersebut dan akhirnya motor korban ditemukan. Pelaku yang saat itu sedang menyeberang jalan, langsung diteriaki maling.

"Atas teriakan tersebut mengundang warga yang sedang melintas di tempat tersebut sehingga dengan mudah pelaku dapat diamankan dan diserahkan ke Polsek Metro Gambir," ujar Mugia.

Syawal pun dibawa ke Polsek Gambir untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Rekomendasi