Arus Penyeberangan Merak-Bakauheuni Meningkat 5 Persen Saat Libur Panjang Waisak

| 03 Jun 2023 11:03
Arus Penyeberangan Merak-Bakauheuni Meningkat 5 Persen Saat Libur Panjang Waisak
Suasana Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten. (Dok.Muhammad Iqbal/ERA.id)

ERA.id - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat, adanya peningkatan volume kendaraan di penyeberangan Pelabuhan Merak menuju Bakauheni atau sebaliknya saat periode libur panjang Hari Raya Waisak 2023. Dalam arus tersebut diperkirakan peningkatan sebesar 3 sampai 5 persen dibandingkan hari normal.

"Di Merak-Bakauheni saat ini beroperasi 29 unit kapal selama 24 jam yang dilayani total 6 dermaga. Kami telah antisipasi karena long weekend, diperkirakan akan terjadi kenaikan trafik 3-5 persen, bila dibandingkan hari normal," ujar Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy Arifin, Sabtu (3/6/2023).

Shelvy mengatakan, berdasarkan data Pelabuhan Merak selama periode 1-2 Juni 2023 dalam kurun waktu 24 jam, tercatat jumlah kapal yang beroperasi sebanyak 29 unit kapal dengan total 100 perjalanan. Adapun realisasi total penumpang mencapai 32.231 orang dengan jumlah penumpang pejalan kaki sebanyak 2.163 orang.

"Untuk realisasi kendaraan roda dua mencapai 1.066 unit sedangkan realisasi kendaraan roda empat mencapai 3.572 unit. Adapun total seluruh kendaraan tercatat 7.608 unit yang telah menyeberang dari Jawa ke Sumatra," katanya.

Shelvy berharap, para pengguna jasa yang akan berlibur dengan menggunakan kapal feri untuk mengatur waktu perjalanan agar tidak mengalami antrean. Untuk kelancaran perjalanan, lanjutnya, idealnya pengguna jasa telah bertiket minimal sehari sebelumnya. 

"Ini kuncinya, agar melakukan reservasi tiket jauh-jauh hari melalui Ferizy. Karena sudah tidak ada penjualan tiket di pelabuhan," jelasnya.

Shelvy menambahkan, ASDP membuka penjualan tiket ferry sejak 60 hari sebelum hari keberangkatan, sehingga para pengguna kapal ferry dapat melakukan reservasi tiket jauh-jauh hari. Sehingga perjalanan lebih terjamin, lebih aman, tidak perlu mengantre, dan pastinya lebih nyaman. 

Rekomendasi