Pj Gubernur DKI Bakal Siapkan Pompa Mobile dan Bangun Tanggul Atasi Banjir Kramat Jati

| 21 Jun 2023 19:48
Pj Gubernur DKI Bakal Siapkan Pompa Mobile dan Bangun Tanggul Atasi Banjir Kramat Jati
Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) tengah membantu pengendara motor yang terjatuh karena meluapnya Kali Baru (Antara)

ERA.id - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebut kehadiran tanggul di Kali Baru, Jalan Raya Bogor, Kramat Jati, bisa menyelesaikan persoalan banjir di Jakarta Timur.

"Nanti saya cek ke Dinas SDA (Sumber Daya Air) terkait tanggul di Kali Baru," kata Heru di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa (21/6/2023) dikutip dari Antara.

Selain itu, Heru juga mengatakan sudah meminta Dinas SDA DKI Jakarta juga menyediakan pompa bergerak (mobile) sebagai penanganan sementara untuk mengatasi persoalan banjir di kawasan tersebut.

Lalu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga sudah memperbanyak waduk atau embung.

"Kita  juga punya waduk dan embung yang bisa difungsikan sementara," ujar Heru.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana menormalisasi Kali Baru di Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, untuk mengatasi banjir di Jalan Raya Jakarta-Bogor.

"Ini akan dinormalisasi. Kami masih menunggu dari Dinas Sumbar Daya Air (SDA) DKI Jakarta," kata Wali Kota Jakarta Timur M Anwar di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin.

Informasinya, kata dia, untuk normalisasi itu sudah dianggarkan untuk pembangunan tanggul penahan (sheet pile).

"Nanti sheet pile itu ditinggikan agar air tidak melimpas," kata Anwar.

Selain itu, Anwar menyebutkan, penanganan banjir juga dilakukan dengan membangun persimpangan saluran air di Jalan DI Panjaitan, Jakarta Timur, untuk memecah debit air Kali Baru sehingga tidak meluap ke jalan.

Dinas SDA DKI sampai saat ini masih berupaya menangani kawasan agar tidak kembali terjadi banjir dengan cara penguatan tanggul Kali Baru.

"Penanganan permanen adalah penguatan atau peninggian tanggul Kali Baru. Tahun ini pekerjaan bisa dimulai," kata Kepala Dinas SDA DKI Jakarta, Yusmada Faizal.

Rekomendasi