Penyebab KRL Rangkasbitung-Tanah Abang Terhenti: Truk Gagal Putar Balik lalu Tabrak Tiang

| 25 Jul 2023 12:45
Penyebab KRL Rangkasbitung-Tanah Abang Terhenti: Truk Gagal Putar Balik lalu Tabrak Tiang
Sebuah truk menabrak tiang listrik di sekitar Stasiun Ranji, Ciputat, Tangerang Selatan dan menahan laju KRL.

ERA.id - Polisi menyebut tiang listrik aliran atas (LLA) di jalur kereta api antara Stasiun Pondok Ranji dan Kebayoran, yang miring hingga menyebabkan perjalanan KRL terganggu, karena disenggol truk.

Kapolsek Pesanggrahan Kompol Tedjo Asmoro menerangkan truk yang dikendarai Edy Sarwono (51) awalnya melintas di Jalan Bintaro Permai IV. Truk itu lalu hendak putar balik karena jalur tersebut tidak muat untuk dilalui.

"Iya dia mau muter balik karena itu khusus mobil kecil, sedan. Mobil 3/4 nggak bisa masuk karena emang jalannya pas banget itu kecil. Jadi muter balik, pelan, pelan-pelan akhirnya nggak kontrol dia, nyeblos (dan tabrak tiang listrik)," kata Tedjo kepada wartawan, Selasa (25/7/2023).

Ban belakang truk ini masuk ke selokan dan tiang listrik LLA ini miring sekira 10 persen. Akibat kecelakaan tunggal ini, truk menutupi Jalan Bintaro Permai IV hingga tak bisa dilalui kendaraan roda dua dan empat.

Tedjo menyebut sopir truk ini mulanya hendak menuju ke Bintaro. Karena tak tahu alamat, Edy memakai Google Maps dan diarahkan ke lokasi.

"Karena tidak tahu alamat tujuan maka korban membuka Google. Oleh Google diarahkan ke TKP melalui Jalan Bintaro IV. Sampai di SMA 86 jalan sempit sehingga putar arah. Dalam proses memutar arah tersebut, ban belakang Fuso masuk got dan mengenai tiang listrik kereta," ucapnya.

Sebelumnya, sebuah truk menabrak tiang listrik di sekitar Stasiun Ranji, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel). Akibat kecelakaan ini, tiang listrik miring sehingga menyebabkan sebagian perjalanan KRL Rangkasbitung terganggu.

"Saat ini petugas terkait dari KAI Commuter dan KAI Daop 1 Jakarta yang berada di lokasi untuk melakukan perbaikan. Imbas kendala tersebut, mulai pukul 08.43 WIB LAA pada lintas tersebut dipadamkan untuk keselamatan dan keamanan perjalanan commuter line dan proses perbaikan," kata Manager External Relations & Corporate Image Care KAI Commuter, Leza Arlan kepada wartawan, hari ini.

Leza menambahkan KAI Commuter melakukan rekayasa operasi perjalanan Commuter Line Rangkasbitung. Di mana perjalanan commuter line dari arah Rangkasbitung/Parung Panjang ke Tanah Abang, perjalanannya hanya sampai Stasiun Sudimara untuk kembali menuju Rangkasbitung.

Sedangkan perjalanan KRL dari arah Tanah Abang, perjalannnya hanya sampai Kebayoran untuk kembali menuju Tanah Abang.

Rekomendasi