Sambut KTT ke-43 ASEAN, Car Free Day Minggu 3 September Ditiadakan

| 23 Aug 2023 21:25
Sambut KTT ke-43 ASEAN, Car Free Day Minggu 3 September Ditiadakan
Ilustrasi warga sedang melakukan car free day di Bundaran Hotel Indonesia. (Antara)

ERA.id - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meniadakan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau "Car Free Day" (CFD) di Jalan Sudirman-Thamrin pada Minggu (3/9) untuk menyambut  Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-43 ASEAN pada 5-7 September 2023.

"Untuk informasi, tanggal 3 September pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor ditiadakan," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu (23/8/2023).

Menjelang KTT ASEAN, Syafrin menjelaskan, juga digelar sejumlah "side event" (acara sampingan) di sekitar Jalan Sudirman-Thamrin. Karena itu, masyarakat diimbau untuk tidak melakukan aktivitas olahraga di sepanjang kawasan tersebut.

Dia mengimbau masyarakat agar tidak melaksanakan aktivitas berolahraga pada 3 September di Jalan Sudirman-Thamrin. "Silakan berolahraga di taman-taman atau jalan yang ada di kawasan masing-masing," kata Syafrin.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya juga menerapkan rekayasa lalu lintas (lalin) di 29 ruas jalan selama rangkaian KTT Ke-43 ASEAN pada 5-7 September 2023.

Sejumlah yang diberlakukan rekayasa lalin itu merupakan rute yang akan dilintasi para delegasi negara dari penginapan ke enam lokasi acara.

"Bahwa akan ada 29 ruas jalan yang dilakukan manajemen rekayasa lalu lintas selama pelaksanaan KTT ASEAN," kata Syafrin.

Enam lokasi kegiatan KTT ASEAN di Jakarta, yakni Hotel ST Regis, kantor Sekretariat ASEAN, Jakarta Convention Center (JCC), Hutan Kota Plataran GBK, Hotel Sultan dan Istana Merdeka. (Ant)

Rekomendasi