Viral, Eks Dubes Dino Patti Djalal Cerita Rumahnya di Kemang Dijadikan Tempat Penipuan Online

| 28 Aug 2023 18:00
Viral, Eks Dubes Dino Patti Djalal Cerita Rumahnya di Kemang Dijadikan Tempat Penipuan Online
Penampakan salah satu ruangan di rumah milik Dino Patti Djalal (Dok Istimewa)

ERA.id - Rumah mantan Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat, Dino Patti Djalal diduga dipakai menjadi tempat penipuan online usai disewakan.

Rumah itu berada di kawasan Kemang, Jakarta Selatan (Jaksel). Dino menceritakan tentang rumahnya itu melalui akun Instagram-nya @dinopattidjalal.

"Salah satu rumah keluarga yang disewakan ternyata dijadikan tempat operasi sindikat penipuan online. Dari jumlah tempat tidur yang terlihat, rumah ditinggali sekitar 30 orang. Seluruh jendela dan dinding ditutup busa kedap suara," demikian narasi di akun Instagram @dinopattidjalal, dilihat Senin (28/8/2023).

Dikonfirmasi, Kapolsek Mampang Prapatan Kompol David Y Kanitero menyebut pihaknya sudah mengecek kediaman Dino tersebut. Polisi mencoba mengecek identitas penyewa rumah Dino Patti dari salinan KTP dan didapati, KTP tersebut tidak teregistrasi di Dukcapil.

"Kemudian sudah kita cek juga, beliau kasih nomor handphone si penyewanya, itu sudah mati kita hubungin. Terus begitu cek kita KTP-nya itu juga tidak teregistrasi resmi di Dukcapil," ucap David kepada wartawan, Senin (28/8/2022).

David menyebut pihaknya belum bisa memastikan apakah rumah Dino itu dijadikan sebagai tempat kejahatan online atau tidak.

"Dari pihak polsek pun atau dari kepolisian tidak bisa memastikan bahwa itu adalah penipuan online. Sudah dari awal kami sampaikan tuh, kita nggak bisa membuktikan kalau itu penipuan online. Sudah kosong tempatnya, hanya tersisa perendam-peredam saja," ucapnya.

Dugaan tindak pidana yang diduga terjadi hasil penelusuran sementara ialah penyewa memalsukan KTP-nya ketika menyewa rumah Dino.

Rekomendasi