Viral Polantas Diteriaki Polisi Goblok Saat Pengamanan Tamu KTT ASEAN, Ini Penjelasan Dirlantas Polda Metro

| 08 Sep 2023 07:37
Viral Polantas Diteriaki Polisi Goblok Saat Pengamanan Tamu KTT ASEAN, Ini Penjelasan Dirlantas Polda Metro
Viral mobil polantas menerobos rombongan tamu KTT ke-43 ASEAN 2023. (Tangkap layar)

ERA.id - Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman angkat bicara soal viral polantas yang mengendarai mobil polisi diteriaki polisi goblok karena mencoba menerobos iring-iringan patwal tamu Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43.

Latif tak mengungkapkan identitas polantas tersebut dan hanya menyebut kejadian itu terjadi pada Rabu (6/9) kemarin. Polantas itu merupakan anggotanya.

"Itu anggota sudah saya tegur, karena saya di tempat itu juga. Wong itu yang hentikan juga saya, yang negur juga saya," kata Latif kepada wartawan, Kamis (7/9/2023).

Latif menjelaskan polantas tersebut sedang buru-buru karena ingin melakukan pengamanan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Saat itu, rombongan Presiden Jokowi sudah mendekati kawasan Semanggi sehingga anggota tersebut buru-buru untuk mendahului iring-iringan pengawalan delegasi Laos. 

"Dia kan bukan karena sengaja (menerobos iring-iringan delegasi Laos), dia kan memang terburu-buru karena punya tanggung jawab karena mau mengamankan jalur presiden kita, gitu lho," ucapnya.

Latif menyebut polantas itu tidak diberi sanksi dan hanya ditegur saat kejadian.

Diketahui, kejadian polisi teriak "polisi g*blok* ke mobil patwal saat rombongan tamu KTT ASEAN ke-43 melintas viral di media sosial. Dilihat di akun X (Twitter) @MurtadhaOne1, sejumlah polisi melakukan pengamanan agar tamu KTT ASEAN bisa melaju tanpa adanya hambatan di Jalan Jenderal Sudirman dan kondisi jalur saat itu disterilkan.

Sebuah mobil pribadi hendak masuk ke Jalan Jenderal Sudirman namun langsung diberhentikan polisi yang berjaga. Tak lama kemudian, muncul rombongan mobil tamu KTT ASEAN yang dikawal iring-iringan patwal berupa motor hingga mobil polisi.

Namun tiba-tiba, datang sebuah mobil polisi dari jalur berbeda dan mencoba masuk ke Jalan Jenderal Sudirman. Mobil polisi ini hendak masuk ketika rombongan tamu KTT ASEAN melintas.

Sejumlah anggota polisi yang berjaga di pinggir jalan langsung berusaha menghentikan mobil polisi itu. Namun, mobil polisi yang tidak termasuk rombongan patwal tamu KTT ASEAN tetap melaju dan mencoba masuk bersama iring-iringan.

Aksi nekat ini membuat sejumlah kendaraan yang mengawal tamu KTT ASEAN menyalakan klakson. Seorang anggota polisi di pinggir jalan emosi dan meneriaki mobil itu dengan sebutan "g*blok".

"Woy!! Polisi goblok! Minggir," teriak salah satu anggota polisi di pinggir jalan.

Rekomendasi