Jembatan Penghubung Sindang Sari dan Muara Sari Longsor, Lalu Lintas ditutup Satu Lajur

| 13 Oct 2023 22:30
Jembatan Penghubung Sindang Sari dan Muara Sari Longsor, Lalu Lintas ditutup Satu Lajur
Jembatan yang berada di kawasan Jalan Raya Wangun Tajur, Kampung, RT 01 RW 07, Kelurahan, Muara Sari, Bogor (Diman Sutini/Era)

ERA.id - Peristiwa tanah longsor terjadi pada salah satu jembatan yang berada di kawasan Jalan Raya Wangun Tajur, Kampung, RT 01 RW 07, Kelurahan, Muara Sari, Kecamatan, Bogor Timur, Kota Bogor pada Jumat (13/102/2023).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor Teofilo Patrocinio Freitas mengatakan longsor yang terjadi di salah satu jembatan di Jalan Raya Wangun, Bogor Timur, Kota Bogor disebabkan karena pondasi jembatan cigudig yang sudah mulai tidak kokoh dan adanya beberapa keretakan dikonstruksi jembatan tersebut.

Tanah longsor setinggi ±7 m dan lebar ± 8 m ini terjadi pada jembatan cigudig aliran kali cibalok. Akibatnya puing-puing longsoran sebagian menutupi aliran kali cibalok.

"Tanah Longsor ini terjadi diperbatasan wilayah antara kelurahan sindang sari dan kelurahan muara sari," ujar Theo.

Untuk mencegah tanah longsor susulan dan berdampak pada jalan raya disekitaran, lanjut Theo dari Pihak Dishub Kota Bogor dan Polresta Bogor Kota melakukan penutupan sebagian jalan di jembatan tersebut karna dikhawatirkan jika terjadi longsor susulan, jalan dilokasi tersebut akan berdampak kepada pengguna jalan.

"Bu Kadis PUPR kota Bogor telah berkoordinasi dgn PPK wilayah 5.2 Balai Besar Jalan Nasional bahwa malam ini juga Tim PPK  wilayah 5.2 BPJN akan meluncur ke lokasi dan akan ditindaklanjuti besok," tutup Theo

Rekomendasi