BPBD: Sembilan KK Mengungsi Akibat Longsor di Cianjur

| 25 Nov 2023 20:35
BPBD: Sembilan KK Mengungsi Akibat Longsor di Cianjur
Banjir Cianjur (Dok: Antara/Ahmad Fikri)

ERA.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mencatat bencana alam melanda dua kecamatan di Cianjur, akibatnya sembilan kepala keluarga sempat mengungsi karena rumah mereka rusak tertimpa material longsor.

Kepala Pelaksana BPBD Cianjur, Asep Sukma Wijaya, mengatakan bencana alam banjir dan longsor terjadi di Kecamatan Campaka, sehingga menyebabkan warga mengungsi, sedangkan longsor dan pergerakan tanah terjadi di Kecamatan Cibeber.

"Penanganan banjir dan longsor di Desa Sukajadi, Kecamatan Campaka, tuntas dilakukan Jumat (24/11/2023), sehingga sembilan kepala keluarga yang sempat mengungsi sudah kembali ke rumahnya, namun mereka diimbau tetap siaga dan waspada bencana," kata Asep, dikutip Antara, Sabtu (25/11/2023).

Tidak hanya merusak lima rumah warga, banjir dan longsor yang terjadi di Kecamatan Campaka setelah hujan turun deras lebih dari dua jam, merusak jalan penghubung antar desa di sejumlah titik yang tidak dapat dilalui, sehingga aktifitas warga terutama perekonomian terhambat.

"Kami sudah berkoordinasi dengan dinas terkait di Pemkab Cianjur, untuk mencari solusi membangun jembatan darurat agar aktifitas warga tetap berjalan," katanya.

Sedangkan penanganan longsor disertai pergerakan tanah di Kecamatan Cibeber, hingga saat ini masih berlangsung karena jalan penghubung antar desa amblas sedalam 5 meter dan mengancam perkampungan warga tepatnya di Kampung Cibule dan Cikaredok.

Aktivitas warga terhambat karena tidak ada akses lalu lintas kendaraan yang dapat melintas akibat jalan amblas cukup dalam, sehingga petugas gabungan termasuk Dinas PUTR Cianjur, masih berupaya membuat jalur sementara agar kendaraan minimal roda dua dapat melintas.

"Kami berupaya melakukan penanganan cepat karena jalan yang amblas merupakan jalur utama penghubung antar desa yang biasa dilintasi kendaraan membawa hasil bumi warga," kata .

Sementara Kepala Desa Sukajadi, Kecamatan Campaka, Ikbal Eka Dirmansyah, mengatakan akibat longsor yang terjadi menyebabkan lima rumah warga rusak di Kampung Gunungsari dan Kampung Pasirgajah, sedangkan empat rumah terendam banjir di Kampung Babakan Kupa dan Kampung Babakan Pabrik.

"Tidak ada korban jiwa, namun sembilan kepala keluarga mengungsi ke tempat aman sejak Rabu hingga Jumat. Longsor juga merusak dua kolam milik warga di Kampung Babakan Pabrik dan memutus akses jalan desa penghubung Kampung Gunungsari dan Kampung Citepus," katanya.

Ikbal menjelaskan, longsor juga menyebabkan jalan penghubung antar desa yang amblas sepanjang sembilan meter dan jalan lingkungan yang putus sepanjang tujuh meter di Kampung Gunungsari dan Pasirmangga saat ini sedang diupayakan dapat dilalui dengan membuat jalur darurat.

"Kami minta warga tetap siaga dan waspada bencana, segera mengungsi ketika hujan turun deras dengan intensitas lebih dari dua jam, guna menghindari korban jiwa ketika bencana alam kembali terjadi," katanya.

Rekomendasi