Tak Ada Penampungan, Warga Kalibaru Cilincing Jakarta Utara Terpaksa Buang Sampah ke Laut

| 11 Dec 2023 12:25
Tak Ada Penampungan, Warga Kalibaru Cilincing Jakarta Utara Terpaksa Buang Sampah ke Laut
Warga Kalibaru Cilincing Jakarta Utara terpaksa membuang sampah ke laut karena tidak ada lagi bak penampungan sampah di lokasi itu. (ILham. A/ERA).

ERA.id - Warga Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara, terpaksa membuang sampahnya ke tanggul laut. Hal ini dikarenakan tidak ada tempat penampungan sampah yang tersedia di lokasi tersebut. 

Berdasarkan pantuan di lokasi pada Senin pagi (11/12/2023), seorang warga yang mengenanakan celana pendek, mengenakan topi membuang sampah ke laut di pinggir tanggul laut Kalibaru. 

Akibatnya, laut yang berada di lokasi itu tercemari berbagai jenis sampah mulai dari sampah plastik hingga kayu. 

Menurut salah satu warga RT09, RW01, Kariya mengaku terpaksa membuang sampah ke laut dikarenakan sudah tidak tersedia lagi tempat penampungan sampah yang sebelumnya. Bahkan, dari ibu-ibu juga banyak yang membuang sampah ke laut pada pagi-pagi.

Maka, ia menyarankan kepada pemerintah setempat untuk menyediakan kembali bak sampah agar warga tidak lagi membuang sampah sembarangan ke laut. 

"Sebeluma ada bank sampah maka ibu-ibu buang sampah ke laut. Kadang-kadang pagi-pagi lempar ke laut di sini. Harapan saya ada bak sampah biar warga tidak buang sembarangan," kata Kariya di lokasi. 

Rekomendasi