Kronologi Pasangan Sesama Jenis Menikah di Cianjur, Identitas Terbongkar Gegara Ribut Biaya Nikahan

| 11 Dec 2023 16:55
Kronologi Pasangan Sesama Jenis Menikah di Cianjur, Identitas Terbongkar Gegara Ribut Biaya Nikahan
Pernikahan sesama jenis Cianjur (Dok: Freepik/bristekjegor)

ERA.id - Pernikahan sesama jenis di Cianjur baru-baru ini viral dan menghebohkan dunia maya. AD, yang merupakan warga asal Kalimantan menipu pasangannya dengan mengaku sebagai laki-laki.

Kabar pernikahan sejenis ini terungkap setelah Kepala Desa Pakuon Abdullah curiga. Abdullah mengatakan awalnya kehebohan ini bukanlah perkara pernikahan sesama jenis, melainkan pernikahan dengan anggaran besar.

"Kabar heboh awal itu bukan pernikahan sesama jenis. Tapi ada pernikahan yang kabarnya bakal menghabiskan biaya besar sampai miliaran. Kemudian saya cek, takutnya terjadi sesuatu," kata Abdullah kepada wartawan.

Lalu, kata Abdullah, pemerintah Desa bergerak untuk menemui keluarga calon pengantin untuk memastikan hal tersebut. Selama pertemuan itu, pihak laki-laki yang ternyata perempuan itu tidak bisa menunjukkan identitas diri.

"Saat memproses persyaratan nikah ke desa dan KUA juga si pihak laki-lakinya ini banyak mengeluarkan alasan, katanya KTP-nya diambil ibunya karena tidak direstui dan alasan lainnya," ungkapnya.

Lantaran AD tidak bisa memberikan bukti identitas diri, pihak desa pun menolak untuk memproses pernikahan tersebut. Namun beberapa hari setelah hal itu, pemerintah desa justru menerima kabar bahwa pernikahan AD dan perempuan asal desanya sudah digelar di kediaman mempelai wanita.

Identitas AD kemudian terbongkar karena terjadi keributan lantaran AD meminjam uang untuk biaya pernikahan tersebut. AD pun dibawa ke kantor kecamatan untuk dicek identitasnya.

"Setelah dicek atau diidentifikasi, ternyata AD ini bukan laki-laki, tetapi perempuan asal Kalimantan. Dia mengaku bahwa dia itu jujur sudah berbohong, mengganti status kelamin dan juga mengaku meminjam uang untuk merayakan pernikahan," katanya.

Terkait pernikahan yang sudah digelar, Abdullah menegaskan bahwa hal itu tidak sah karena merupakan pernikahan sesama jenis. Hal ini juga diatur dalam Undang-undang pernikahan.

"Untuk hal pernikahan itu kalo melihat Undang-undang pernikahan itu tidak sah karena sesama jenis," tegasnya.

Sebelumnya kabar pernikahan sesama jenis ini viral di media sosial dan dibagikan oleh akun gosip @lambe_turah. Disebutkan bahwa penikahan sesama jenis itu terjadi di Kabupaten Cianjur.

Rekomendasi