Viral! Biawak Seukuran Buaya Hidup Bebas di Perumahan Warga, Sengaja Dibiarkan Demi Berantas Ular dan Tikus

| 08 Jan 2024 19:25
Viral! Biawak Seukuran Buaya Hidup Bebas di Perumahan Warga, Sengaja Dibiarkan Demi Berantas Ular dan Tikus
Biawak (Dok: TikTok/komarulhuda8888)

ERA.id - Sebuah komplek perumahan dihebohkan dengan kehadiran seekor biawak yang disinyalir menjadi penolong bagi rumah-rumah penduduk. Biawak yang berukuran besar itu dibiarkan berkeliling komplek oleh warga. 

Lewat video di akun TikTok milik @komarulhuda8888, seekor biawak besar terlihat muncul dari gorong-gorong samping rumah warga di sebuah komplek perumahan. Pemilik video mengungkap biawak itu sudah sering kali muncul di wilayah perumahan tersebut. 

“Biawak sebesar buaya sering keluar masuk di perumahan kami,” tulisnya. 

Lalu, kata pemilik video, biawak yang berwarna cokelat dan mirip dengan komodo itu sering membantu warga perumahan dalam membasmi hama, terutama tikus dan ular. 

“Binatang ini bila ada maka pemukiman kami aman dari ular dan tikus,” ujarnya.

Sejumlah warga, kata pemilik video, mengatakan bahwa mereka tidak terganggu dengan adanya biawak itu. Ia berharap bahwa tidak ada yang melakukan perburuan atau membunuh biawak besar itu lantaran sudah banyak membantu warga sekitar. 

“Semoga tidak diburu orang2 karena kami tidak terganggu,” tegasnya. 

Video itu lantas menuai banyak respons dari netizen Tanah Air. Mereka setuju bila biawak itu tetap ada dan tidak diburu ataupun dibunuh. 

Bener...mending ada biawak dari pada ular.. BIAWAK AKAN MEMAKAN SELURUH TELUR ULAR DI DAERAH ITU,” kata netizen. 

Biawak biasanya akan langsung menghindar kalau ketemu manusia,” komentar yang lain. 

Semenjak tau biawak tuh predator tikus dan telur ular aku berhenti berburu dan makan daging biawak, tapi daging nya ituloh perpaduan ayam dan ikan,” komentar netizen lain.

Rekomendasi