ASN Dishub DKI Ditangkap karena Cabuli Bocah Berusia 11 Tahun di Jakpus

| 08 Jan 2024 18:15
ASN Dishub DKI Ditangkap karena Cabuli Bocah Berusia 11 Tahun di Jakpus
ASN Dishub DKI Jakarta, RT (57) ditangkap karena mencabuli bocah berusia 11 tahun (Dok. Istimewa)

ERA.id - Seorang aparatur sipil negara (ASN) di Dishub DKI Jakarta, RT (57) ditangkap karena mencabuli seorang bocah berusia 11 tahun di kawasan Kemayoran Jakarta Pusat (Jakpus).

"Jadi tersangka ini adalah ASN kemudian dengan korban itu sudah saling kenal dan tetangga. Sementara hasil pemeriksaan dan visum itu juga sudah kita pegang dan ini masih terus dalam pengembangan. (Pelaku ASN di) Dinas Perhubungan DKI," kata Wakapolres Metro Jakarta Pusat, AKBP Anton Elfrino Trisanto kepada wartawan, Senin (8/1/2024).

Anton menjelaskan kasus ini berawal usai orang tua korban melaporkan kasus ini pada Desember 2023 lalu. Pelaku beraksi saat korban meminta bantuan untuk diantar mengikuti kegiatan sekolah.

"Pada saat mendatangi ke rumah tersangka di situ lah korban dicabuli oleh tersangka. Modusnya seperti apa yang dilakukan oleh tersangka adalah dengan menarik korban ke kamar di rumahnya kemudian menciumi dan meraba pada kemaluannya," ungkapnya.

Hasil pemeriksaan sementara, RT mengenal korban setahun lalu ketika korban kelas 5 SD. Anton menyebut polisi saat ini menelusuri ada tidaknya korban lain dalam kasus ini.

"Beberapa kali melakukan (pencabulan) si korban diberikan sejumlah uang sebesar Rp5 ribu," ujarnya.

RT pun ditahan dan dijerat Pasal 81 UU Nomor 17 Tahun 2016 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU Nomor 1 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak Menjadi UU juncto Pasal 76d UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas UU Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dengan ancaman maksimal 15 tahun penjara.

Tags :
Rekomendasi