16 Tahanan Polsek Tanah Abang Kabur Pakai Sajadah Lewat Ventilasi

| 19 Feb 2024 16:55
16 Tahanan Polsek Tanah Abang Kabur Pakai Sajadah Lewat Ventilasi
Ilustrasi penjara (ANTARA)

ERA.id - Sebanyak 16 tahanan melarikan diri dari Polsek Metro Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (19/2). Mereka kabur melalui ventilasi ruang tahanan dengan menggunakan sajadah yang diikat.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 02.40 WIB. Saat itu, Polsek Tanah Abang mendapat laporan dari warga bahwa ada sekelompok orang tidak dikenal yang berlarian.

"Kemudian, polsek melakukan pengecekan ruang tahanan dan didapati satu ruang sel ventilasinya terbuka," kata Susatyo kepada wartawan, Senin (19/2/2024).

Selanjutnya, petugas menemukan adanya sajadah yang diikat ke arah luar tahanan Polsek Metro Tanah Abang.

"Kemudian, jaga tahanan melakukan pengecekan ke sisi belakang sel ditemukan ikatan kain sajadah terjuntai sampai bawah dari teralis besi yang dipotong," ungkap Susatyo.

Susatyo menjelaskan, hingga kini kepolisian telah menangkap dua tahanan yang sempat melarikan diri. Dia menyebut, pihaknya juga sudah membentuk tim gabungan khusus untuk memburu 14 tahanan yang masih kabur.

"Kami menerjunkan tim investigasi dari si propam, sat reskrim, sat narkoba dan unit identifikasi untuk melakukan cek TKP serta menangkap kembali semua tahanan yang melarikan diri tersebut," jelas Susatyo.

Selain itu, dia juga meminta masyarakat untuk melapor ke kantor polisi terdekat jika menemukan atau mengetahui keberadaan tahanan yang kabur tersebut.

"Mengimbau bagi siapa pun yang mengetahui keberadaan mereka untuk dapat melaporkannya ke kami, Polres Jakarta Pusat," ujar dia.

Rekomendasi