MK Gelar Sidang Sengketa Pilpres 2024, Massa Pro dan Kontra Berkumpul di Patung Kuda

| 27 Mar 2024 10:46
MK Gelar Sidang Sengketa Pilpres 2024, Massa Pro dan Kontra Berkumpul di Patung Kuda
Demo di kawasan Patung Kuda Jakpus saat sidang sengketa Pilpres 2024. (ERA.id/Sachril)

ERA.id - Sejumlah massa berunjuk rasa saat sidang perdana gugatan sengketa Pilpres 2024 atau perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) di sekitar Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta Pusat (Jakpus), pada Rabu (27/3/2024) hari ini.

Pantauan ERA di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakpus, tepatnya di sekitar Patung Kuda Arjuna Wiwaha, sejumlah massa berunjuk rasa menolak hasil Pemilu curang. Dua mobil komando di bawa massa.

Orator bergantian dari atas mobil komando. Beberapa spanduk di bawa massa yang satu di antaranya bertuliskan "Batalkan Pemilu curang, diskualifikasi 02".

Pada sisi lain, terdapat massa lainnya yang berunjuk rasa. Para demonstran ini mendukung hasil Pemilu 2024 dan meminta hakim MK untuk tidak "masuk angin". 

Dalam aksi ini, satu mobil komando dikerahkan. Jalan Medan Merdeka Barat sendiri sudah ditutup dengan barrier beton, baik arah Bundaran Hotel Indonesia (HI) ke Istana Negara maupun arah sebaliknya.

Polisi sendiri sudah berada di sekitar lokasi untuk melakukan penjagaan.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Susatyo Purnomo Condro menyebut Polri dan instansi terkait siap mengamankan sidang PHPU di MK. Ribuan personel pun dikerahkan untuk menjaga sidang di gedung yudikatif ini.

"Untuk jumlah pasukan sendiri kami menerjunkan 1.233 personel gabungan yang nantinya akan mengamankan kegiatan di gedung MK, baik itu dari sisi dalam maupun dari sisi luar," ujar Susatyo.

Rekomendasi