Polda Metro Tangkap Provokator yang Ajak Tawuran di Medsos

| 01 Apr 2024 17:45
Polda Metro Tangkap Provokator yang Ajak Tawuran di Medsos
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi. (ERA.id/Sachril)

ERA.id - Polda Metro Jaya menangkap seorang pelajar berinisial MRR yang diduga melakukan provokasi tawuran dengan menggunakan media sosial. 

"Tersangka berperan menguasai akun Instagram @chaisarselatan dengan cara meng-upload konten provokasi tawuran, " kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Senin (1/4/2024).

Mantan Kapolres Metro Jakarta Selatan ini menjelaskan MRR ditangkap ketika penyidik melakukan patroli siber. Usai mengetahui jika pelaku melakukan provokasi tawuran, penyidik menangkapnya pada Sabtu (23/3) silam.

Ade Ary menjelaskan penangkapan terhadap MRR merupakan bentuk komitmen Polda Metro Jaya untuk memberantas segala macam bentuk gangguan kamtibmas.

"Di samping melakukan kegiatan-kegiatan imbauan, patroli, maka penegakkan hukum juga harus dilakukan apabila sudah terjadi peristiwa yg menganggu ketertiban umum dan pidana," jelasnya. 

Ade Ary juga mengimbau para masyarakat untuk bijak dalam menggunakan media sosial.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya, Irjen Karyoto mengungkapkan para remaja mau ikut tawuran karena merasa mendapat kebanggaan jika terlibat keributan.

"Kalau saya lihat memang perilaku anak muda ini, ada namanya kebanggaan yang luar biasa. Itu di mana-mana seperti itu, mau saya SMP berapa, saya SMA berapa, saya hebat saya ini," kata Karyoto di Polda Metro Jaya, Jakarta, hari ini.

Jenderal bintang dua Polri ini menambahkan para pelajar kebanyakan ikut tawuran usai janjian dari media sosial. Selain karena kesepakatan, juga disebabkan saling ejek antarpelajar.

Karyoto menyebut pihaknya akan melakukan patroli rutin untuk mencegah terjadinya tawuran di Jakarta. Meski begitu, dia menerangkan peran serta orang tua juga dibutuhkan agar anak-anaknya tidak ikut tawuran.

"Kita bertekad untuk zero accident, mudah-mudahan bisa kita realisasi," ucapnya.

Rekomendasi