Usai Tuai Kritik Singgung Soal Zakat dan Salat, Pendeta Gilbert Minta Maaf

| 16 Apr 2024 15:15
Usai Tuai Kritik Singgung Soal Zakat dan Salat, Pendeta Gilbert Minta Maaf
Pendeta Gilbert (Istimewa)

ERA.id - Pendeta Gilbert Lumoindong menyampaikan permohonan maaf atas ucapannya tentang zakat dan salat. Gilbert bahkan menemui Jusuf Kalla untuk mengklarifikasi pernyataannya yang viral itu. 

Bersama dengan Justuf Kalla, Pendeta Gilbert meminta maaf atas kontroversi yang terjadi terkait ucapannya. Dia menegaskan tidak berniat untuk mengolok-olok ataupun menghina seperti yang dituduhkan.

“Pertama-tama, dengan segala kerendahan hati saya meminta maaf atas kegaduhan yang terjadi. Saya tidak ada niat untuk mengolok-olok apalagi menghina. Sama sekali tidak ada," kata Pendeta Gilbert di kediaman Jusuf Kalla, Senin (15/4/2024). 

Lalu, kata Gilbert, pernyataan dirinya yang viral di media sosial itu seharusnya ditujukan untuk jemaahnya secara internal. Namun dalam hal ini, jemaah yang ikut serta dalam kegiatan secara online membagikan rekaman tersebut kepada publik. 

Bukan hanya itu saja, Gilbert juga mengaku kecewa lantaran videov viralnya diedit sedemikan rupa sehingga menyebabkan kegaduhan. Dia pun menekankan ucapannya itu sebenarnya untuk mengkritik ibadah umat kristen, bukan merendahkan agama Islam.

“Saya bilang ibadah orang muslim cukup setengah mati. Kenapa setengah mati? Karena berat, (sholat) sehari 5 kali. Kita orang Kristen seminggu sekali, sudah gitu duduknya juga santai-santai," jelasnya. 

Selain itu, Pendeta Gilbert juga menjelaskan maksud dari ucapannya soal zakat yang viral. Dalam ucapan itu Gilbert menyoroti soal zakat 2,5 persen di agama Islam, sedangkan di agama Kristen 10 persen.

“Tapi setelah bicara sama Pak JK, dia bilang 'salah pendeta. 2,5 persen itu cuma zakat. Belum infak, belum sedekah, belum wakaf. Itu lebih berat lagi.' Jadi sekali lagi saya minta maaf kegaduhan ini," pungkasnya.

Seperti diketahui, Pendeta Gilbert sebelumnya viral di media sosial setelah ucapannya menuai kontroversi di kalangan umat Islam. Gilbert dalam penyampaiannya menyinggung soal salat dan zakat yang diwajibkan untuk umat Muslim.

“Kita orang Islam diajari bersih sebelum sembahyang, cuci semuanya. Saya bilang, lu 2,5 (persen) gua 10 persen, bukan berarti gua jorok, disucikan oleh darah Yesus,” katanya dalam ucapan video yang viral. 

Rekomendasi