3.454 Personel Gabungan Amankan Demo Buruh Saat May Day di Jakarta Besok

| 30 Apr 2024 19:26
3.454 Personel Gabungan Amankan Demo Buruh Saat May Day di Jakarta Besok
Kapolda Metro Jaya, Irjen Karyoto bersama para anggotanya. (Antara)

ERA.id - Sebanyak 3.454 personel gabungan akan dikerahkan untuk mengamankan unjuk rasa buruh saat memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) pada Rabu (1/5/2024) di Jakarta.

"Ada 3.454 personel gabungan Polda Metro Jaya, Polres jajaran, Kodam Jaya, dan Pemprov DKI yang siap mengamankan kegiatan menyampaikan pendapat di muka umum dan juga kegiatan perayaan Hari Buruh," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Adr Ary Syam Indradi kepada wartawan, Selasa (30/4/2024).

Unjuk rasa ini akan dilakukan di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat dan Gelora Bung Karno (GBK). Perihal rekayasa lalu lintas, mantan Kapolres Metro Jakarta Selatan ini menyebut bersifat situasional atau melihat kondisi di lapangan.

"SOP dalam pelayanan pengamanan aksi penyampaian pendapat di muka umum, maka tadi bapak Kapolda Metro Jaya menyampaikan utk tidak, anggota tidak membawa senjata api," ucapnya.

Terpisah, Presiden Partai Buruh sekaligus Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal mengatakan unjuk rasa di Patung Kuda akan dilakukan pukul 09.00-12.30 WIB. Setelah itu, aksi dilanjutkan di Stadion Madya GBK dari pukul 12.30-16.00 WIB.

Buruh akan mengangkat dua tema dalam May Day tahun ini, yakni perihal mencabut omnibus law UU Cipta Kerja dan menghapus outsourcing.

"May Day akan diikuti oleh lebih dari 50 ribu buruh," ujar Said Iqbal.

Rekomendasi