KAI Geram Lihat Gerbong Kereta Api Argo Semeru Dicoret dengan Cat Semprot

| 12 Jun 2024 12:48
KAI Geram Lihat Gerbong Kereta Api Argo Semeru Dicoret dengan Cat Semprot
Aksi vandalisme yang dilakukan oleh sejumlah oknum tidak bertanggung jawab di gerbong Kereta Api (KA) Argo Semeru. (KAI Daop 1 Jakarta)

ERA.id - Gerbong Kereta Api Argo Semeru, pada Selasa dini hari, dicoreti dengan cat semprot oleh orang tak dikenal. Kini, PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta berkoordinasi dengan pihak kepolisian membereskan masalah itu.

Kami sedang berkoordinasi dengan pihak Kepolisian setempat untuk segera menangkap para pelaku," kata Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko, Selasa kemarin.

Aksi vandalisme terjadi saat KA Argo Semeru selesai diperiksa harian untuk kelaikan operasi di Depo Kereta Cipinang, Jakarta Timur. Akibat kejadian itu, KA Argo Semeru kembali harus diperiksa ulang terhadap seluruh rangkaian kereta di Depo Cipinang dan pembersihan kereta eksekutif K1 01801 dari cat dampak vandalisme.

Aksi vandalisme tersebut tidak hanya mengotori dan mengganggu kesiapan perjalanan KA Argo Semeru, tetapi juga berdampak terhadap pelayanan terhadap para pelanggan.

Ixfan mengungkapkan bahwa KAI akan menindak tegas sesuai Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) yang berlaku. "Hukum vandalisme dan aksi corat-coret telah dituangkan dalam KUHP, yaitu pasal 406, 408, dan 409," kata Ixfan.

Selain itu, ujar dia, KAI Daop 1 Jakarta juga akan mengambil langkah-langkah preventif untuk mencegah kejadian serupa terulang lagi, di antaranya meningkatkan penjagaan di stasiun maupun di depo-depo kereta/lokomotif di wilayah Daop 1 Jakarta dengan melibatkan kewilayahan TNI/Polri serta memperkuat peran serta masyarakat untuk turut menjaga aset-aset kereta api.

KAI bilang, tindakan vandalisme di kereta api tidak hanya merugikan perusahaan, tetapi juga masyarakat luas yang menggunakan jasa kereta api sebagai sarana transportasi yang aman dan nyaman.

Terakhir, KAI Daop 1 Jakarta juga mengimbau masyarakat untuk segera melapor ke polisi jika melihat tindakan vandalisme terhadap fasilitas kereta api.

Rekomendasi